7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah

7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah. Manusia mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan tujuan mempertahankan hidup dan pertumbuhan dengan sehat. Manusia dapat memilih jenis makanan sesuai kebutuhan dan kesukaannya. Sayangnya manusia kadang tidak memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi dengan dengan jumlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya menimbulkan efek negative bagi kesehatan tubuh.

7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah

7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah . Tubuh memerlukan berbagai jenis nutrisi dalam jumlah yang berbeda-beda. Ada yang banyak da nada yang dibutuhkan dalam jumlah sangat sedikit. Ada nutrisi yang dapat diproduksi oleh tubuh da nada pula yang diperoleh melalui asupan makanan. Jika terjadi kekurangan salah satu jenis nutrisi maka tentu akan menimbulkan ketidakseimbangan gizi yang berujung pada kondisi tubuh yang tidak normal bahkan menimbulkan penyakit.

Timbulnya efek pada tubuh terkait dengan nutrisi bukan hanya karena kekurangan nutrisi tapi kelebihan nutrisi juga menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari pun kadang tanpa disadari telah melampaui kebutuhan tubuh. Berikut ini akan diuraikan 7 jenis makanan yang sering dikonsumsi dengan cara yang salah.

  1. Lemak hewani. Rasanya sulit memisahkan makanan dari lemak hewani apalagi lemak memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sadar atau tidak kita sering mengkonsumsi lemak hewani dalam jumlah yang melampaui kebutuhan tubuh. Akibatnya terjadi penumpukan lemak dan kolesterol dalam darah. Menumpuknya lemak dan kolesterol dalam darah sudah bisa ditebak akibatnya. Berbagai jenis penyakit berbahaya menanti seperti jantung coroner, stroke, hipertensi, jantung, ginjal, obesitas dan sebagainya.
  2. Daging sebagai sumber protein yang sangat baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena rasanya yang lezat dan menjadi “teman” setia saat makan nasi maka sering jumlahnya tidak terkontrol. Mengkonsumsi daging dalam jumlah melebihi kebutuhan tubuh berpotensi untuk menyebabkan timbunan lemak, kolesterol dan kalsium. Akibatnya dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. 7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah.
  3. Jenis makanan ini tentu tidak pernah luput dari menu makanan kita setiap hari. Tidak diragukan lagi bagaimana manfaat gula bagi tubuh. Tapi ketika berlebihan, akibatnya juga sudah bisa dipastikan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes, ginjal, obesitas karena kelebihan kalori. Gula dalam makanan kita setiap hari dapat berasal dari berbagai sumber dan tidak mutlak dari gula murni. Bisa juga berasal dari makanan olahan yang menggunakan gula atau bahkan dari karbohidrat seperti nasi.
  4. Bagai sayur tanpa garam adalah gambaran betapa tidak enaknya makanan tanpa garam. Garam dapur dengan senyawa utama Natrium Klorida sangat dibutuhkan terutama sebagai zat elektrolit dalam tubuh. Tapi dalam takaran yang melampaui kebutuhan tubuh dapat menimbulkan berbagai efek samping. Dampak negative mengkonsumsi garam dalam jumlah melampaui kebutuhan misalnya hypertensi, gangguan ginjal dan hati.
  5. Makanan olahan. Pendapat yang mengatakan bahwa makanan olahan lebih steril dari makanan alami mungkin tidak salah dari sudut pandang hygienitas. Namun dari sisi manfaat bahkan efek negatifnya patut menjadi perhatian. Apalagi jika makanan olahan diberi zat tambahan dengan maksud tertentu. Misalnya penambah rasa, pengawet dan pewarna. Roti dari gandum yang dimurnikan (roti putih) ternyata hanya kaya akan kalori. Sedangkan roti yang berasal dari gandum yang tidak dipisahkan dari kulit padinya dan lembaganya ternyata kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin.
  6. Minuman segar. Banyak jenis minuman segar yang memang menyegarkan ketika diteguk apalagi jika di tengah panas matahari. Jenis minuman ringan misalnya minuman bersoda, minuman pemanis buatan, minuman sumber tenaga seketika, sari buah olahan dan minuman beralkohol. Minuman-minuman ini terbukti memiliki resiko bagi kesehatan seperti ketidakseimbangan kalori, efek kafein, efek alcohol bagi jantung dan saraf, kadar gula darah bahkan bersifat karsinogen jika menggunakan bahan pengawet.
  7. Makanan ringan. Makanan ringan sangat digemari oleh hamper semua tingkatan umur. Sangat sering makanan ringan digunakan untuk menenangkan anak yang sedang rewel. Tanpa disadari betapa besar efek makanan ringan terhadap kesehatan. Banyak makanan ringan yang menggunakan penyedap rasa (MSG) tanpa terkontrol, menggunakan garam berlebih, pemanis buatan bahkan pengawet dan pewarna.

7 Jenis Makanan Yang Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah . Itulah 7 jenis makanan yang sering dikonsumsi dengan cara yang salah tanpa memperhitungkan dampak negatifnya. Makanan memberi kehidupan bagi kita tapi makanan juga dapat mengambil kehidupan dari kita. Maka konsumsilah makanan dengan bijak sesuai kebutuhan tubuh dan cintailah tubuh anda.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *