BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN
BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Daun sirih tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia dan beberapa Negara lain seperti India dan Thailand. Kebiasaan makan sirih bagi sebagian masyarakat di Indonesia masih berlangsung sampai sekarang. Sirih juga dikenal sebagai hidangan pembuka pada penyambutan tamu di beberapa daerah seperti Toraja, Mamasa, Batak dan Timor. Sejak dahulu kala, daun sirih digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dalam dan penyakit luar serta bahan kecantikan secara turun temurun. Secara medis daun sirih juga telah digunakan sebagai bahan dasar obat dan bahan kecantikan. BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN Berikut ini akan diuraikan manfaat daun sirih bagi kesehatan:

  1. Mengobati asma. Rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas dan minum 2 kali sehari secara rutin.
  2. Menyembuhkan batuk dan bronchitis. Rebus 7 lembar  daun sirih dengan 3 gelas air sampai tinggal separuhnya dan minum 2 kali sehari secara rutin. Pilih daun yang agak tua.
  3. Mengobati demam berdarah. Pilih daun sirih yang agak tua sebanyak 6 lembar dan rebus dengan api sedang sampai tinggal setengahnya dan minum 2 kali sehari secara rutin.
  4. Mengobati penyakit jantung. Pilih 5 lembar daun sirih, 5 pasang biji kemukus, 1 sendok jintan putih, 3 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah. Tumbuk semua bahan lalu seduh dengan air panas, biarkan dingin lalu saring dan minum 2 kali sehari.
  5. Menghilangkan bau badan dan bau mulut. Rebus 12 lembar daun sirih dengan 3 gelas air lalu tambahkan setengah sendok makan garam dapur. Minum 2 kali sehari dan jika untuk menghilangkan bau mulut digunakan sebagai obat kumur.
  6. Mengurangi ASI yang berlebih. Daun sirih diolesi minyak kelapa kemudian panaskan diatas api kompor tapi jangan sampai hangus dan setelah agak dingin tempelkan pada payudara 2 kali sehari.
  7. Membersihkan daerah kewanitaan terutama keputihan dan gatal. Rebus daun sirih (paling baik daun sirih merah) dalam ¼ liter air lalu dinginkan dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

Masih banyak lagi manfaat daun sirih yang akan dibahas pada bagian lain terutama untuk kecantikan. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel terkait: Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *