Budidaya Anggrek Species Sebagai Komoditi Bisnis Dan Obyek Wisata Di Kabupaten Mamasa.

 Budidaya Anggrek Species Sebagai Komoditi Bisnis Dan Obyek Wisata Di Kabupaten Mamasa. Mungkin banyak yang belum mengetahui Kabupaten Mamasa. Sangatlah wajar sebab Mamasa tergolong daerah otonomi yang baru terbentuk sebagai Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Polmas pada tahun 2011. Meskipun tergolong daerah otonomi baru, namun Kabupaten Mamasa memiliki berbagai potensi terutama potensi pariwisata.

Kabupaten Mamasa terletak di wilayah pegunungan Provinsi Sulawesi Barat dengan keadaan alam yang sangat indah dan sejuk yang menyimpan sejuta potensi wisata baik wisata alam maupun wisata budaya. Sekilas, Mamasa identic dengan Tana Toraja; namun jika disimak lebih dalam ternyata Mamasa memiliki keunikan tersendiri yang tidak ditemukan ditempat lain di dunia.

Keunikan budaya dalam tatanan kehidupan orang Mamasa menjadi kekayaan yang diwariskan oleh leluhur orang Mamasa kepada generasinya. Memasuki wilayah Mamasa, anda akan terpesona dengan alamnya yang indah dangan tatanan masyarakat yang masih tetap memelihara norma-norma adat dan budaya Mamasa dan keramahan orang Mamasa sesuai dengan etimologi Mamasa yakni Mamase yang berarti pengasih.

Salah satu potensi terpendam yang dimiliki oleh Mamasa adalah keberadaan anggrek species khas Mamasa yang sangat indah dengan berbagai jenis. Wilayah Mamasa yang beriklim sejuk dengan hamparan hutan yang luas menjadi surga bagi tanaman anggrek dan berbagai flora maupun fauna yang patut dilindungi dan dikembangkan. Oleh sebab itu prospek budidaya anggrek sebagai komoditi bisnis dan obyek wisata di Mamasa sangat menjanjikan.

Saat ini anggrek Mamasa sudah banyak dilirik oleh wisatawan dan pencinta anggrek dari berbagai daerah. Sejalan dengan itu, anggrekpun mulai dikembangkan di Mamasa. Pengembangan dan penangkaran anggrek species Mamasa sangat penting dilakukan agar tidak terjadi kepunahan species dan juga dapat menjadi lahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pengembangan anggrek species di Mamasa masih dilakukan secara konvensional dalam skala rumahan sehingga sangat dibutuhkan upaya yang lebih serius secara sinergi dari semua pihak terkait yakni pemerintah, pelaku wisata dan masyarakat pencinta anggrek.

Anggrek sangat mudah dibudidayakan di Mamasa sebagai komoditi bisnis dan obyek wisata karena kondisi alam yang sangat cocok dengan habitat anggrek dan dapat dilakukan nyaris tanpa biaya.

Potensi budidaya anggrek sebagai komoditi bisnis dan obyek wisata di Mamasa tidak disangsikan lagi karena anggrek species Mamasa yang unik ditambah dengan jenis wisata lainnya yang dapat dikemas dalam satu paket seperti agrowisata, wisata budaya (akan dibahas tersendiri), bahkan banyak wisatawan dan pencinta alam yang berburu anggrek di hutan-hutan sambil menikmati indahnya alam tanah Mamasa.

Species-species anggrek Mamasa baik anggrek tanah maupun anggrek  pohon sangat banyak jenisnya dengan ciri morfologi yang khas seperti Dendrobium dengan ciri khas local, Vanda, Bulbo, Catelya dan sebagainya menjadi modal untuk budidaya anggrek species sebagai komoditi bisnis dan obyek wisata di kabupaten Mamasa Anggrek Species Sebagai Komoditi Bisnis Dan Obyek Wisata .

Budidaya Anggrek Species Sebagai Komoditi Bisnis Dan Obyek Wisata Di Kabupaten Mamasa.Salah satu keunggulan anggrek species Mamasa yakni dapat bertahan lama dalam pengiriman dan terbukti sudah banyak dikirim ke berbagai daerah tanpa mengalami kerusakan.  Analisis usaha pengembangan anggrek di Mamasa sangat menguntungkan karena banyak bahan baku yang tersedia tanpa harus di beli seperi media tanam yang melimpah di hutan (pakis haji, kayu, lumut, humus ), begutu pula bambu dan kayu untuk bahan baku rumah anggrek.

Budidaya Anggrek Species Sebagai Komoditi Bisnis Dan Obyek Wisata Di Kabupaten Mamasa. Di beberapa tempat sudah mulai dilakukan pengembangan anggrek melalui inisyatif masyarakat terutama kaum muda dan terbukti dapat memberi income yang lumayan sekaligus menjadi obyek wisata. Tidak berlebihan jika prospek pengembangan Budidaya anggrek species sebagai komoditi bisnis dan obyek wisata di Mamasa sangat menjanjikan. Tinggal keseriusan pihak terkait utamanya pemerintah sebagai fasilitator pengembangan pariwisata. Semoga suatu saat Mamasa menjadi pusat pengembangan anggrek terkemuka di Indonesia.

BACA JUGA:

CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *