BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA

BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA

BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA
BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA
BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA
BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA
BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA
BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA

Ikan Mas dengan nama Latin Cyprinus carpio dikenal dengan baik oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia karena jenis ikan ini sangat cocok dengan iklim Indonesia.BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA Namun ironisnya, pengasil ikan mas terbesar dunia adalah China dan Jepang  yang memeiliki iklim krang cocok dengan pertumbuhan ikan mas. Kedua Negara ini menggunakan berbagai teknologi sehingga mereka dapat mmemasok sekitar 70% kebutuhan ikan mas dunia. Ikan mas memiliki prospek yang cerah di Indonesia karena beberapa alasan antara lain:

  1. Merupakan peluang usaha yang menjanjikan dari sisi analisis usaha
  2. Cocok dengan iklim di Indonesia sehingga dapat dibudidayakan sepanjang musim
  3. Tergolong omnivore (memakan segala jenis makanan yang ada dalam air)
  4. Pangsa pasar cukup tinggi karena banyaknya masyarakat yang menggemari ikan mas mengingat nilai gizinya yang tinggi.
  5. Mudah dibudidayakan dan pertumbuhan cepat.
  6. Dapat dijadikan sebagai obyek wisata

Jenis ikan mas yang paling dikenal di Indonesia antara lain:

  1. Ikan mas Majalaya
  2. Ikan mas Punten
  3. Ikan mas sinyonya
  4. Ikan mas Yamato
  5. Ikan mas Taiwan
  6. Ikan mas Merah
  7. Ikan mas local yang terdiri dari beberapa jenis pula.

 

.BUDIDAYA IKAN MAS KONSUMSI BAGI PEMULA Secara umum budidaya ikan mas bagi pemula dengan tujuan untuk konsumsi dan skala kecil meliputi persiapan kolam, penebaran bibit, pemberian pakan tambahan, pemeliharaan kesehatan dan panen.

  1. Persiapan kolam. Ikan mas menyukai kolam yang tidak terlalu dalam namun dengan sirkulasi air yang baik. Kolam hendaknya memiliki pemasukan dan pengeluaran air yang baik, pematang yang kuat dan gampang dibersihkan. Ditengah kolam sebaiknya dibuatkan semacam parit sebagai tempat berkumpulnya ikan pada saat panen atau jika permukaan air turun. Kolam yang baru dibuat terlebih dahulu harus dikeeringkan sampai benar-benar kering agar hama banar-benar mati dan keasaman tanah turun. Sebaiknya ditaburi dengan kapur pertanian dengan perbandingan sekitar 200 gram permeter persegi. Setelah itu, diisi air setengah penuh selama 24 jam lalu dikeringkan lagi. Menjelang penebaran benih, kolam diberi pupuk kandang agar mikroorganisme dan ganggang dapat berkembang sebagai makanan alami. Kemudian kolam diisi dengan air sampai penuh.
  2. Penebaran bibit. Jika tujuan kita untuk ikan konsumsi maka pilihlah bibit yang sudah agak besar sehingga masa panen cepat. Bibit yang dipilih harus sehat dengan ciri-ciri antara lain lincah, warna cerah, tidak cacat dan sisiknya utuh. Bibit ikan ditebar secara hati-hati dan tidak dilemparkan ke kolam.
  3. Pemberian pakan tambahan diperlukan untuk memacu pertumbuhan ikan. Pakan tambahan pada umumnya berupa pelet dengan kadar protein minimal 25% dengan takaran 3-4% dari bobot ikan. Ukuran pelet disesuaikan dengan ukuran mulut ikan. Pemberian pakan tambahan cukup pagi dan sore dan tetap memperhatikan volume dan sirkulasi air.
  4. Pemeliharaan kesehatan. Hama dan penyakit ikan mas biasanya jarang ditemukan asal tetap menjaga kebersihan lingkungan. Hama untuk ikan mas yang sudah besar pada umumnya berupa binatang pemakan ikan seperti ular, musang , anjing. Sedangkan penyakit ada beberapa jenis yang akan dibahas pada bagian lain.
  5. Masa panen. Apabila telah dirasa cukup besar untuk dikonsumsi maka ikan dapat dipanen baik dengan cara menguras air kolam maupun dengan menggunakan alat tangkap. Jika menguras kolam sebaiknya alirkan air buangan secara perlahan agar ikan tidak terlalu stress. Hindari menguras kolam saat matahari terik dan ikan yang ditangkan segera ditampung pada tempat yang memeiliki sirkulasi udara dan air yang baik. Ingat ikan mas sangat mudah mati pada kondisi yang kurang baik.

Demikianlah secara singkat teknik budidaya ikan mas semoga bermanfaat.

Baca juga artikel tentang wisata

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *