Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar

Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar. Jual beli secara online  tidak dapat lagi dihindari sebagai konsekwensi perkembangan teknologi. Apalagi belanja secara online sangat mudah tanpa menguras tenaga dan waktu untuk membeli barang di toko. Mulai dari barang yang paling murah sampai barang mahal semuanya tersedia secara online. Namun dibalik berbagai kelebihan berbelanja secara online, perlu juga dilakukan secara cermat agar kita tidak mengalami kerugian misalnya tertipu atau barang tidak sesuai dengan pesanan atau bahkan barangnya tidak tersedia lagi.

Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar. Sisi lain kelemahan belanja secara online memang ada terutama karena tidak melakukan pengamatan langsung terhadap fisik barang tapi kita hanya mengamati lewat informasi berupa gambar dan penjelasan tentang produk. Bahkan penjualpun kebanyakan tidak melihat fisik barangnya utamanya jika menggunakan system Affiliate atau Dropship. Demikian juga antara kita dengan penjual tidak ada komunikasi tatap muka sehingga rawan terhadap hal-hal yang dapat merugikan konsumen. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut maka konsumen perlu memahami cara aman dan benar berbelanja online.

Beberapa tips yang dapat menjadi rujukan bagi para konsumen sebelum melakukan belanja online antara lain:

  1. Pastikan web atau blog penjual tergolong aman dan terpercaya dengan melancaknya keberadaan web melalui Google. Jika barang dijual melalui facebook, amati profil, postingan dan komentar orang lain di media social tersebut. Dari sisi keamanan, web yang aman antara lain ditandai dengan gambar gembok di bagian awal status bar dan diawali dengan https (bukan hanya http). Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar
  2. Baca dengan saksama deskripsi produk dan bandingkan dengan fotonya. Adakalanya deskripsi dan spesifikasi tiadak sesuai dengan kondisi fisik barang.
  3. Bandingkan beberapa vendor atau marketplace sebelum memutuskan membeli barang untuk menemukan barang yang paling cocok dengan keinginan anda.
  4. Jangan tergiur dengan harga murah atau diskon atau bebas ongkos kirim. Tidak mungkin kita mendapatkan barang berkualitas dengan harga terlampau murah. Prinsip berbelanja adalah mencari barang sesuai kebutuhan dan bukan mencari barang murah. Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar
  5. Perhatikan aturan transaksi yang dicantumkan oleh penjual jangan sampai anda sebagai konsumen berada pada posisi yang dirugikan misalnya ketentuan pengembalian barang, ketentuan pengiriman dll.
  6. Perhatikan cara pembayaran apakah dengan transfer antar bank, kartu kredit atau rekening bersama yang penting uang yang anda bayarkan aman dan bias dikomplain ketika terjadi masalah dalam transaksi. Cara Belanja Online Dengan Aman danProspek Internet Marketing di Indonesia Tahun 2019 Benar

Cara Belanja Online Dengan Aman dan Benar. Itulah beberapa tips tentang cara belanja online secara aman dan benar agar belanja andat tetap menyenangkan dan tidak dirugikan oleh penjual. Ketelitian sangat berharga dalam mengambil keputusan. Selamat berbelanja.

BACA ARTIKEL TERKAIT: Prospek Internet Marketing di Indonesia Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *