Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat

Cara Memelihara  Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat. Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah anggrek yang paling terkenal karena berbagai kelebihan. Itulah sebabnya anggrek jenis ini sangat digemari dan dibudidayakan. Kelopak bunga yang indah, berwarna-warni dan tahan lama menjadi daya tarik anggrek bulan. Di beberapa hotel, kantor atau tempat umum seperti bandara biasanya dipajang angrek bulan warna putih (Puspa Pesona) sebagai bunga hias.

Cara Memelihara  Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.  Memelihara anggrek bulan sebanarnya tidak susah karena memiliki daya tahan yang relative tinggi terhadap kondisi lingkungan. Anggrek Bulan termasuk tanaman epifit yakni tumbuh pada tanaman lain namun tidak menjadi parasite terhadap tanaman itu. Saat ini sangat banyak anggrek bulan hasil persilangan yang memiliki berbagai keunggulan. Dengan perkembangan teknologi, anggrek bulan hasil silangan memiliki bunga yang sangat besar dengan jumlah mahkota bunga bersusun-susun sampai sekitar 15 susun.

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam perawatan anggrek bulan agar tumbuh sehat dan indah:

  1. Pemilihan bibit anggrek yang unggul sangat menentukan kualitas anggrek. Oleh karena itu sebelum melakukan penanaman, pastikan bibit yang anda pilih benar-benar baik. Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.

 

  1. Anggrek bulan tidak menginginkan cahaya matahari terlalu banyak yakni hanya sekitar 20-50%. Karena itu anggrek bulan membutuhkan tempat yang terlindung baik secara alami maupun pelindung buatan. Untuk budidaya dalam jumlah banyak sebaiknya dibuatkan bangunan khusus dengan atap paranet sehingga cahaya matahari dapat diatur. Jangan menggunakan atap seng sebab dapat merusak pertumbuhan anggrek. Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.

 

  1. Anggrek bulan tidak menghendaki kelembaban terlalu tinggi sehingga tidak perlu terlalu sering disiram. Penyiraman yang terlalu sering akan menyebabkan pembusukan pada bagian akar terutama jika penanaman menggunakan pot. Karena itu penting dilakukan control yang cermat kapan anggrek memerlukan penyiraman. Kekeringan juga dapat menyebabkan kematian.

 

  1. Pemupukan yang tepat sangat menentukan kuaitas anggrek. Pada dasarnya anggrek membutuhkan unsur hara sama dengan tanaman lain yakni unsur makro N, P dan K ditambah unsur mikro. Agar tidak salah memilih pupuk, pilihlah pupuk khusus anggrek yang banyak tersedia di toko-toko dan perhatikan cara panggunaannya. Perbandingan N, P dan K disesuaikan dengan fase pertumbuhan. Pada fase vegetative dari seedling sampai remaja, anggrek banyak membutuhkan unsur Nitrogen (N). Selanjutnya menjelang fase berbunga maka unsur Phosfor harus lebih banyak sedangkan unsur Kalium untuk pertumbuhan serat batang relative konstan. Cara pemberian pupuk yang paling efektif adalah melalui peneyemprotan pada daun. Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.

 

BACA JUGA: Jual Anggrek Hybrid Dan Spesies Yang Sehat di Jakarta Pusat WA 082189307012

Tersedia Anggrek Bulan kualitas Premium dan Super, WA 082189307012.

 

  1. Anggrek Bulan menghendaki sirkulasi udara yang baik karena itu jangan memelihara anggrek pada ruang tertutup dan pengap. Hindarkan juga udara yang penuh dengan zat pencemar seperti debu, asap atau partikel lain yang dapat merusak kualitas bunga anggrek.

 

  1. Pencegahan terhadap hama dan penyakit. Meskipun anggrek relative tahan terhadap hama dan penyakit, namun perlu dilakukan pencegahan sebelum terserang hama dan penyakit. Pada dasarnya hama dan penyakit dapt dicegah melalui perawatan yang baik. Penyakit yang paling sering ditemukan yakni busuk agar, bintik daun dan daun menguning. Sedangkan hama dapat berupa kutu, kumbang, semut atau binatang lain. Jika terjadi serangan hama dan penyakit gunakan obat-obat yang tersedia di toko. Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.

 

  1. Penggantian pot (repoting) perlu dilakukan secara berkala ketika perakaran sudah padat dan kondisi media tanam sudah lapuk atau anakan yang benyak sehingga perlu di split. Penggantian pot hendaknya dilakukan pada saat tidak berbunga, dilakukan dengan hati-hati dan media tanam diganti. Cara Memelihara Anggrek Bulan Dengan Benar Agar Sehat.

 

Demikianlah beberapa tips tentang cara memelihara anggrek bulan angar tumbuh dengan sehat dan berkualitas. Selamat menanam anggrek bulan dengan benar agar memberikan hasil yang memuaskan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *