Cara Memilih Kopi Yang Berkualitas Dan Nikmat

Cara Memilih Kopi Yang Berkualitas Dan Nikmat. Bagi anda yang tidak menggemari minuman kopi mungkin melihat kopi semua sama. Warnanya hitam dengan aroma khas. Lain halnya dengan anda penikmat kopi atau anda yang memahami seluk beluk kopi, tentu melihat kopi dengan kaca mata kualitas. Meskipun sama-sama kopi tapi kualitas bisa sangat berbeda. Bahkan dalam satu kesatuan hasil panen bisa memberikan beberapa tingkatan kualitas. Specialty Grade One adalah kualitas kopi terbaik yang mungkin hanya sekitar 10% dari jumlah hasil panenan.

Kali ini saya akan membahas tentang kopi biji dan kopi serbuk yang siap untuk disajikan dalam wujud seduhan kopi. Berbicara soal kualitas kopi sesungguhnya melibatkan proses panjang yang berentetan sampai pada tersedianya secangkir kopi nikmat. Kulitas kopi dipengaruhi berbagai factor  sejak  proses penanaman, pemeliharaan, perlakuan pasca panen, penyortiran, penyangraian (roasting), pengemasan, penyimpanan dan cara penyeduhan. Kita tidak mungkin semuanya dalam satu uraian singkat, oleh sebab itu saya akan membatasi pembahasan hanya pada biji kopi yang sudah kering dan siap untuk disangrai. Cara Memilih Kopi Yang Berkualitas Dan Nikmat.

Jika anda memilih kopi biji yang belum disangrai artinya anda sendiri yang akan melakukan proses penyangraian (roasting) sampai menjadi kopi serbuk atau bubuk yang siap diseduh. Tapi jika anda memilih kopi yang telah disangrai apakah bentuk biji atau bubuk maka anda tidak perlu menyangrai sendiri. Apapun pilihan anda, hendaknya memperhatikan beberapa hal agar anda benar-benar memperoleh kopi yang berkualitas dan nikmat rasanya. Cara Memilih Kopi Yang Berkualitas Dan Nikmat.

Beberapa tips dalam memilih kopi berkualitas dan nikmat sebagai berikut:

  1. Proses penyangraian (roasting). Proses ini sangat menentukan kualitas dan kenikmatan kopi sebab proses ini menentukan citarasa kopi. Secara teoritis ada beberapa klasifikasi penyangraian tergantung rasa apa yang anda inginkan. Dikenal beberapa istilah seperti light roast, cinnamon roast dan medium roast . Ketiga klasifikasi ini menghasilkan rasa asam yang menonjol. Selanjutnya high roast dan city roast menghasilkan keseimbangan rasa asam dan pahit dan ini yang paling banyak digemari orang. Ada pula French roast dengan rasa pahit yang menonjol biasanya untuk disajikan sebagai espresso.
  2. Kemasan kopi. Tentu anda sering melihat berbagai jenis kemasan kopi yang sudah disangrai atau yang sudah berbentuk bubuk. Ada yang menggunakan wadah plastic, kertas, aluminium foil dan sebagainya. Kemasan terbaik adalah aluminium foil sebab bahan ini benar-benar kedap udara. Pengemasan yang baik biasanya dilengkapi dengan lubang udara satu arah yang hanya bisa mengeluarkan udara dari dalam kemasan. Ingat, udara sangat merusak kualitas kopi. Usahakan tidak membeli kopi dalam kemasan kertas atau plastic dan wadah yang tidak kedap udara.
  3. Panampakan fisik. Kopi yang disangrai dengan baik akan tampak mengkilap berminyak dan warnanya coklat tua. Jika sudah berbentuk bubuk, warnanya coklat tua merata dan cerah. Jika warna terlalu hitam kemungkinan terlalu hangus.
  4. Aroma kopi. Ciri paling menonjol dari kopi adalah ketajaman baunya. Jika baunya kurang menonjol kemungkinan sudah lama atau penyimpanan tidak baik. Karena itu jangan membeli kopi yang dijual dalam keadaan terbuka tanpa kemasan.
  5. Perhatikan tanggal kadaluarsa kopi sebab pada dasarnya kopi yang telah disangrai tidak tahan disimpan lama apalagi dalam keadaan terbuka.
  6. Jika anda membeli kopi sangria dalam bentuk biji, pilihlah bentuk biji yang utuh. Jika banyak biji yang pecah atau lisut menandakan kopi tidak berkualitas baik.
  7. Apabila anda memilih untuk menyangrai sendiri perhatikan warna kopi jangan sampai berwarna gelap atau masih terlalu coklat. Ciri yang baik adalah coklat tua dan mengkilap. Hal ini sangat tergantung dari pengalaman anda dan cita rasa apa yang anda inginkan.
  8. Pada saat menyeduh kopi perhatikan jenis wadah dan peralatan yang digunakan. Sebaiknya menggunakan wadah yang memiliki lapisan email atau terbuat dari keramik. Menyeduh kopi dalam wadah logam biasanya mempengaruhi rasa kopi. Suhu air juga diusahakan antara 80-90 derajat. Perbandingan air, gula dan kopi sesuai selera masing-masing.
  9. Jika anda sudah membuka kemasan kopi, tutup kembali dengan sangat rapat dan simpan dalam wadah kedap uadara. Pada umumnya kita hanya menggulung bagian atas kemasan lalu diikat. Cara ini sebenarnya tidak tepat sebab tidak terhindar dari udara luar. Jangan menyimpan kopi dalam kulkas sebab suhu rendah dapat mematikan aroma kopi.

Demikian beberapa hal yang dapat menjadi acuan bagi anda penggemar kopi terutama penikmat kopi tubruk. Untuk kopi olahan seperti Cappucino dan sebagainya akan saya bahas pada bagian lain. Kopi yang paling nikmat adalah kopi yang diolah sendiri, di rumah sendiri dan disajikan oleh isteri sendiri. Selamat menyerumput secangkir kopi. Cara Memilih Kopi Yang Berkualitas Dan Nikmat.

Baca artikel terkait: Prospek Pengembangan Kopi Mamasa Sebagai Obyek Agrowisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *