Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar

Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar. Cara pengobatan dengan menggunakan herbal sering juga disebut herbalisme. Herbal adalah tanaman atau bagian tanaman yang karena kandungan zat tertentu dapat berkhasiat menyembuhkan penyakit  tertentu. Pengobatan herbal telah dikenal sejak dahulu bahkan mungkin seumur dengan keberadaan manusia. Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1500 sebelum Masehi, manusia di berbagai belahan dunia telah mengenal pengobatan dengan menggunakan berbagai jenis tumbuhan.

Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar

Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar . Pengobatan berbasis tumbuhan ini masih digunakan oleh sekitar 80% penduduk dunia sehingga Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan pengobatan kebijakan untuk melestarikan system pengobatan herbal. Pengobatan herbal memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan pengobatan kimiawi misalnya lebih aman,  murah dan gampang diperoleh sehingga dapat menjangkau masyarakat luas.

Di berbagai belahan dunia dikenal pengobatan herbal secara turun temurun dengan berbagai jenis tanaman local. Misalnya bangsa Yunani dan Romawi kuno sejak dahulu telah menggunakan jintan dan kayu manis sebagai bahan obat. Demikian pula di Cina dan India telah mengenal pengobatan herbal sejak dahulu. Pengobatan herbal di dunia barat mulai berkembang pada zaman pemerintahan Raja Henry VIII di Inggeris (1491-1547). Sejak saat itu pengobatan herbal berkembang secara meluas ke seluruh Eropa dan Amerika.

Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar . Di Indonesia jauh sebelum Negara ini terbentuk masyarakat nusantara telah menggunakan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan pengobatan. Dalam prakteknya sering dipadukan dengan kepercayaan suku setempat sehingga penggunaan tumbuhan sebagai obat tidak semata-mata karena khasiat kandungan kimiawi tapi juga diyakini karena kekuatan gaib atau mistic di balik penggunaan ramuan tersebut. Oleh karena itu pengobatan penyakit tertentu hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu semacam dukun.

Literatur tentang pengobatan herbal dimulai sejak abad ke-15 setelah diciptakannya mesin cetak. Tokoh yang dikenal dalam literature tanaman obat yakni John Parkinson dari Inggeris sekitar tahun 1630. Pengobatan herbal terus berkembang sampai tahun 1812 ketika Hendry Potter memulai perdagangan tanaman herbal yang pada akhirnya menulis buku Potter’s Encyclopedia of Botanical drugs and Preparations. Pada masa perang dunia II, pengobatan herbal mengalami masa surut dan didominasi oleh pengobatan kimia yang didukung oleh teknologi modern.

Menjelang masa millennium, pengobatan herbal mengalami kebangkitan kembali dan masyarakat dunia lebih cenderung kembali ke alam (back to nature). Sejalan dengan gencarnya penelitian terhadap khasiat tumbuhan, pengobatan herbal dikombinasikan dengan pengobatan kimiawi sehingga sebagian obat kimiawi juga berasal dari ekstraksi tumbuhan. Pengobatan herbal dibandingkan dengan pengobatan kimiawi, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar . Sebagaimana diuraikan di tas bahwa pengobatan herbal lebih aman dari efek samping, lebih murah dari sisi biaya bahkan dapat diperoleh secara gratis dan mudah didapatkan. Kekurangannya antara lain efek penyembuhannya tidak secepat obat kimiawi, takaran tidak dapat ditentukan secara akurat sebab tidak melalui kajian ilmiah. Sedangkan obat kimiawi memiliki efek yang cepat, dosis yang akurat tapi juga memiliki efek samping. Harga obat kimia juga relatif mahal dan tidak semua obat kimia dapat  diperoleh secara bebas.

Sebagai Negara yang memiliki kekayaan herbal melimpah, bangsa Indonesia selayaknya memanfaatkan pengobatan herbal dengan baik. Artinya penggunaan obat herbal hendaknya didasari oleh kajian ilmiah tentang kandungan zat kimia, efek terhadap tubuh dan takaran serta cara penyajian yang benar. Banyak obat herbal yeng telah diolah secara modern tanpa meninggalkan sifat alaminya. Kajian teknologi terhadap berbagai jenis tumbuhan juga sudah cukup menjadi acuan untuk menggunakan pengobatan herbal dengan benar.

BACA ARTIKEL LAINNYA: Menjaga Kesehatan Dengan Makanan Suplemen Produksi Synergy

Selama ini kita mengenal berbagai bentuk cara penyajian obat herbal sesuai dengan karakteristik tumbuhan dan jenis penyakit. Contohnya herbal dalam bentuk ekstrak cair, ekstrak padat, kapsul, pil, rebusan, seduhan bahkan suppositoria (pengobatan melalui rectum). Apapun bentuk sediaannya, hal yang terpenting adalah mengenali kandungan kimia herbal, mengetahui manfaat dan efeknya serta takaran yang tepat. Dengan demikian kita telah menggunakan pengobatan herbal dengan benar. Cara Menggunakan Pengobatan Herbal Dengan Benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *