Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler

Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler. Telepon selluler atau ponsel merupakan sarana komunikasi yang paling polpuler saat ini. Pernakah anda mengalami saat anda lupa membawa ponsel ? Bagaimana perasaan anda ? Tentu anda sangat gusar, pikiran tidak menentu. Bandingkan ketika anda dulu belum memiliki ponsel atau handphone tentu biasa saja. Saat anda berjalan ke mall atau dikendaraan umum seperti kereta, berapa orang yang anda temui tanpa membawa ponsel. Artinya ponsel tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan saat ini.

Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler.  Terlepas dari apa fungsi utama ponsel anda namun satu hal yang kadang tidak disadari yakni dampak negative penggunaan ponsel terhadap kesehatan. Fakta penelitian yang dilansir oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bahwa radiasi sinyal radio yang dipancarkan oleh ponsel dapat merupakan karsinogen (penyebab kanker). Pada kenyataannya ternyata efek radiasi ponsel dapat menimbulkan berbagai penyakit lain seperti pusing, sulit tidur, sakit kepala, tumor otak, alzheimer, Parkinson, konsentrasi dan kesadaran parsial menurun, berbagai jenis kanker. Salah satu artikel pernah memberitakan kasus mengkerutnya otak seorang anak akibat terlalu sering menggunakan ponsel.

Sayangnya pengaruh radiasi ponsel tidak terasa sampai timbul gejala yang sudah memburuk. Karena tidak terasa maka hal ini luput dari perhatian kebanyakan orang. Celakanya sebab ponsel juga menjaga barang mainan anak kecil sekalipun. Teknologi tentu tidak bisa dihindari sebab kita sekarang berada pada zaman teknologi canggih. Sikap yang paling bijak adalah bagaimana kita menggunakan sarana teknologi canggih dengan tetap aman dari berbagai efek negative. Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler.

Sebelum kita membahas beberapa tips untuk menghindari atau meminimalisasi pangaruh radiasi ponsel, tidak ada salahnya kita memahami bagaimana ponsel bekerja saat digunakan berkomunikasi. Ponsel menyalurkan sinyal melalui frekwensi radio dan memancarkan radiasi. Jika kita terpapar radiasi ini secara terus menerus, akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker. Ponsel memiliki efek radiasi berbeda-beda dan hal ini juga penting menjadi pertimbangan saat membeli ponsel.

Selanjutnya saya akan menguraikan beberapa tips menghindari efek negative radiasi ponsel yang saya kutip dari berbagai sumber. Saya berharap tips ini bermanfaat bagi setiap pembaca minimal untuk mengingatkan akan bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan.

  1. Batasilah penggunaan ponsel yang terlalu lama. Jika memungkinkan gunakan fasilitas tertulis seperti SMS atau Whatsapp. Kadang kita tidak sadar menggunakan ponsel sampai hitungan jam hanya untuk saling curhat, bernostalgia dan hal-hal yang tidak penting. Apalagi dengan iming-iming nelpon gratis, tm atau cm.
  2. Saat ponsel anda sedang on usahakan jangan terlalu dekat dengan tubuh anda. Kebiasaan yang tidak tepat jika kita menyimpan ponsel dalam saku atau menyimpannya di bawah bantal pada saat tidur.
  3. Jika anda menggunakan headset, gunakanlah headset yang dilengkapi dengan ferrite beat semacat bahan yang dapat mengurangi radiasi ponsel.
  4. Jika tidak mengganggu orang lain atau bukan pembicaan rahasia, gunakan speaker agar ponsel tidak terlalu dekat ke telinga anda.
  5. Apabila ponsel anda tidak sedang digunakan untuk berkomunikasi, aturlah pada posisi “mode pesawat”. Apalagi kalau digunakan untuk game yang sering tanpa disadari berjam-jam.
  6. Saat menelpon gunakan telinga secara bergantian kiri dan kanan dan jangan terlalu menempelkan ponsel ke telinga.
  7. Jangan paksakan menelpon pada saat sinyal lemah sebab pada kondisi demikian ponsel akan memaksimalkan pencarian koneksi disertai pancaran radiasi yang kuat.
  8. Hindari menggunakan ponsel dalam ruangan sempit dan tertutup misalnya di toilet, lift atau dimobil sebab dalam ruang tertutup pnsel akan berusaha maksimal mencari koneksi dan memancarkan radiasi yang kuat.
  9. Hindari menelpon pada saat berada di kendaraan yang sedang melaju misalnya di mobil, di kereta sebab ponsel akan berusaha memaksimalkan koneksi dan memancarkan radiasi yang kuat.
  10. Gunakan pembungkus ponsel (casing) yang meminimalisir radiasi.
  11. Pilih jenis ponsel dengan radiasi lemah. Dapat dicari di google daftar ponsel dengan radiasi lemah.
  12. Smartphone memilki pancaran radiasi lebih kuat, oleh sebab itu jika hanya untuk berkomunikasi gunakanlah ponsel biasa.
  13. Jangan memberikan handphone kepada anak balita bahkan sebaiknya di jauhkan dari balita.

 

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kita menjadi pengguna ponsel yang bijak. Manfaatkanlah ponsel anda sebagai sarana teknologi canggih yang aman. Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler.

BACA ARTIKEL TERKAIT:Manfaat Zat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

One thought on “Cara Menghindari Bahaya Radiasi Telepon Selluler

  1. It’s a pity you don’t have a donate button! I’d most certainly donate to this superb blog!

    I guess for now i’ll settle for book-marking and adding your
    RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will talk about
    this blog with my Facebook group. Talk soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *