CARA PEMUPUKAN ANGGREK DENGAN BENAR

CARA PEMUPUKAN ANGGREK DENGAN BENAR

 

 

CARA PEMUPUKAN ANGGREK DENGAN BENAR. Seperti halnya dengan tanaman lain, anggrek juga membutuhkan tambahan nutrisi melalui pemupukan. Anggrek yang memiliki nutrisi cukup akan memiliki pertumbuhan yang baik dan menjadi anggrek yang berkualitas. Sebaliknya anggrek yang kekurangan nutrisi, pertumbuhannya lambat dan hasilnya tidak maksimum bahkan mudah diserang hama dan penyakit. Pemupukan pada tanaman anggrek menjadi salah satu apek dari perawatan anggrek dan sangat penting untuk memahami cara pemupukan anggrek dengan benar. Pupuk yang digunakan dapat dipilih apakah pupuk organic atau pupuk buatan namun untuk tanaman anggrek memang lebih praktis dengan pupuk buatan mengingat media tanam anggrek lebih kecil dari tanaman pada umumnya apalagi jika bukan anggrek tanah.

Meskipun secara umum tanaman membutuhkan unsur hara makro yang sama yakni N, P dan K tetapi hal terpenting pada tanaman anggrek adalah dosis pupuk, waktu pemupukan, cara pemupukan yang benar. Sangat penting memahami fase pertumbuhan anggrek agar dapat disesuaikan dengan dosis pemupukan. Banyak penggemar anggrek memberikan pupuk yang cukup namun ternyata hanya memacu pertumbuhan vegetative dan tidak berbunga padahal yang diinginkan dari anggrek tentu saja bunganya. Anggrek tergolong tanaman yang memiliki pertumbuhan lambat sehingga kita harus sabar menunggunya. Pada umumnya anggrek mulai berbunga sekitar  1,5 tahun. Memang ada hormone yang bias mempercepat pertumbuhan tapi penting diperhatikan agar tidak hanya pertumbuhan vegetative yang dominan.

Fase pertumbuhan anggrek dapat digolongkan menjadi 3 bagian yakni:

  1. Fase seedling (bibit) dihitung sejak dikeluarkan dari botol pembibitan sampai umur sekitar 9 bulan. Pada masa ini dibutuhkan pertumbuhan vegetative sehingga pupuk yang diberikan tentunya pupuk untuk pertumbuhan vegetative. Kita tentu memahami bahwa untuk pertumbuhan vegetative dibutuhkan unsur N (Nitrogen) lebih banyak, untuk bunga dan buah dibutuhkan lebih banyak unsur P (Posphor) sedangkan Unsur K (Kalium) untuk pertumbuhan serat batang dan perakaran. Oleh sebab itu pada fase seedling kita memberikan pupuk lebih dominan unsur N misalnya perbandingan N:P:K adalah 60:20:20. Fase seedling merupakan fase yang sangat menentukan kualitas anggrek. Ibarat manusia, fase ini adalah usia balita. Jika pada fase ini tidak mendapatkan nutrisi yang cukup maka anggrek akan tumbuh kerdil dan lambat.

 

  1. Fase remaja yakni usia antara 9 bulan sampai anggrek mulai berbunga sekitar 15-18 bulan. Pada fase ini dibutuhkan pertumbuhan vegetative seimbang dengan pertumbuhan generative sehingga pupuk yang diberikan tentunya juga seimbang antara N,P dan K yakni 30:30:30.

 

 

  1. Fase Flowering (anggrek dewasa) yakni fase sejak mulai berbunga. Pada fase ini dibutuhkan pertumbuhan generative sehingga pupuk lebih dominan unsur P dengan perbandingan 20:60:20. Pada fase inilah kita benar-benar menikmati keindahan anggrek jika pertumbuhannya normal.

Disamping dosis pemupukan, waktu dan cara pemupukan juga tidak kalah pentingnya menjadi perhatian. Pemberian pupuk selalu didasarkan pada pengamatan tentang gejala pertumbuhan anggrek misalnya pertumbuhan daun nampak tidak optimum artinya membutuhkan pupuk N lebih banyak meskipun tidak selamanya karena kekurangan nutrisi menyebabkan daun tumbuh tidak sehat. Waktu pemberian pupuk yang baik adalah pada pagi hari dan sore hari saat stomata terbuka. Pemupukan jangan dilakukan pada tanaman yang sakit atau tanaman yang baru dipindahkan. Cara pemupukan adalah dengan melarutkan pupuk kedalam air sampai larut sempurna kemudian disemprotkan pada tanaman. Gunakan alat semprot yang halus agar tidak merusak tanaman anggrek.  Daun anggrek dapat menyerap pupuk dengan baik.  Jangan memberikan pupuk padat atau butiran pada akar tapi dilarutkan dahulu, makanya pilihlah pupuk yang larut sempurna dalam air. Baca artikel terkait: Tips merawat anggrek agar tetap sehat.

BACA ARTIKEL TERKAIT:JUAL ANGGREK BULAN KUALITAS PREMIUM DI JAKARTA

Demikianlah uraian singkat tentang cara pemupukan anggrek dengan benar semoga bermanfaat bagi para penggemar tanaman anggrek. Selamat menikmati manfaat anggrek. Baca artikel terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *