Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Pada umumnya orang mencari makanan berdasarkan pertimbangan karena  rasanya yang enak. Padahal makanan enak belum tentu baik untuk kesehatan tubuh. Ada pula yang mengkonsumsi makanan dengan pertimbangan kuantitas yang penting kenyang. Sering kita lupa apa tujuan kita mengkonsumsi makanan. Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh agar tubuh dapat memperoleh asupan nutrisi yang diperlukan untuk proses kelangsungan hidup dengan sehat dan kuat.

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Sejalan dengan perkembangan kemajuan, orang lebih mengutamakan makanan yang mudah diperoleh, mudah disajikan dan rasanya enak. Maka saat ini makanan fast food menjadi pilihan favorit karena mudah diperoleh, mudah disajikan dan rasanya enak. Namun dibalik itu kita kadang tidak menyadari atau tidak mau menyadari bahwa fast food, junct food, makanan awetan dapat meracuni tubuh kita. Makanan yang telah diproses sedemikian rupa dengan menambahkan berbagai macam zat aditif sesungguhnya sesuatu yang “mengerikan” bagi kesehatan.

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.  Kembali pada fungsi makanan yakni sebagai sumber nutrisi bagi proses kelangsungan hidup manusia maka tentu saja makanan harus mampu memenuhi kuantitas dan kualitas setiap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Hal yang paling penting adalah makanan itu harus memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat identic dengan meracuni tubuh. Sebagian besar penyebab penyakit bersumber dari makanan yang tidak sehat yang didukung oleh factor lain seperti pikiran, polusi dan lain-lain.

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.  Apa saja ciri-ciri makanan yang sehat? Makanan yang sehat adalah makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, bebas dari bakteri dan kuman-kuman, bebas dari zat beracun dan tidak merusak organ tubuh seperti pencernaan dan mulut Secara rinci makanan yang sehat adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki komposisi nutrisi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan sebagainya cukup secara proporsional. Pada sebagian orang, makanan yang dianggap bergizi seperti daging, ikan, ayam atau sea food. Tempe dan tahu dianggap sebagai makanan pelengkap saja. Memang kadang tidak mudah untuk menyiapkan makanan yang dengan gizi seimbang oleh karena itu dibutuhkan suplemen untuk menutupi kekurangan nutrisi dari makanan. Hal ini akan dibahas pada bgaian lain.
  2. Memiliki kandungan serat yang cukup yang dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan kaya serat. Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.
  3. Diproses dengan benar sehingga bebas dari mikroorganisme misalnya dimasak sampai benar-benar matang atau dicuci bersih jika makanan disajikan dalam keadaan mentah.
  4. Higienis artinya benar-benar memenuhi standar yang layak bagi kesehatan. Bukan saja bebas mikroorganisme tapi juga zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan. Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.
  5. Taksturnya mudah dicerna sehingga tidak merusak pencernaan dan organ-organ lain seperti lidah, kerongkongan atau gigi. Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.
  6. Tidak menggunakan penyedap rasa (MSG). Agaknya sulit dipenuhi pada saat ini karena nyaris tidak dijumpai lagi makanan tanpa penyedap rasa. Intinya adalah meminimalisir penggunaan penyedap rasa karena terbukti secara ilmiah dapat merusak kesehatan.
  7. Tidak menggunakan garam dan gula secara berlebihan karena kelebihan kedua zat ini akan merusak kesehatan yakni ginjal dan diabetes. Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.
  8. Tidak mengandung minyak dan lemak yang berlebihan karena minyak dan lemak sebagai sumber kolesterol jahat terutama minyak jelanta dan lemak hewani.
  9. Tidak memiliki rasa yang terlalu tajam misalnya terlampau pedas, terlampau pahit.
  10. Mangandung cukup kalori. Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.
  11. Tidak terlalu panas atau terlalu dingin agar tidak merusak gigi atau mukosa mulut.
  12. Tidak mengandung zat pengawet dan pewarna yang tidak aman
  13. Jangan mengkonsumsi makanan yang dibakar sampai hangus
  14. Konsumsilah makanan dengan porsi secukupnya. Makan terlalu kenyang akan merusak system pencernaan.

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.  Tentu saja masih banyak hal yang penting diperhatikan dalam kaitannya dengan makanan yang sehat karena kondisi setiap orang berbeda-beda. Terutama orang dengan penyakit tertentu atau karena tidak cocok dengan makanan tertentu. Kesimpulannya adalah makanan yang sehat jika dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, higienis dan tidak mengandung zat yang dapat merusak kesehatan agar dapat menjaga kelangsungan hidup yang sehat.

ARTIKEL TERKAIT: Mempertahankan Berat Badan Ideal Olahragawan dengan Maximum Protein.

2 thoughts on “Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *