Ciri-ciri Rumah Tinggal Yang Nyaman dan Baik Bagi Kesehatan

Ciri-ciri Rumah Tinggal Yang Nyaman dan Baik Bagi Kesehatan.  Rumah tinggal tidak sekedar menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan. Rumah tinggal seharusnya mempertimbangkan aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan dan factor lingkungan lainnya. Rumah adalah tempat melakukan berbagai aktivitas sebuah rumah tangga. Oleh karena itu rumah selayaknya memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk aktivitas keluarga.

Ciri-ciri Rumah Tinggal Yang Nyaman dan Baik Bagi Kesehatan. Karena berbagai factor maka tidak semua rumah tinggal dapat memenuhi standar sebagai rumah tinggal yang nyaman dan baik bagi kesehatan. Konsep hunian dalam bentuk komplek perumahan adalah sebuah upaya untuk menciptakan rumah yang nyaman dan sehat. Meskipun ada juga komplek perumahan yang belum memenuhi standar kenyamanan dan kesehatan misalnya masalah banjir.

Beberapa komplek perumahan dengan konsep modern telah mempertimbangkan factor kenyamanan dan kesehatan. Persoalannya adalah tidak semua masyarakat mampu memiliki rumah dengan standar yang demikian. Penataan kawasan pemukiman kumuh adalah upaya untuk memperbaiki secara bertahap kualitas hunian masyarakat. Bagi masyarakat yang mampu disediakan kawasan pemukiman yang memenuhi standar kenyamanan dan kesehatan.

Ciri-ciri Rumah Tinggal Yang Nyaman dan baik Baik Bagi Kesehatan. Mengapa kenyamanan dan kesehatan menjadi ukuran? Rumah yang baik seyogyanya memberi rasa nyaman bagi penghuninya. Rasa nyaman bisa tercipta oleh berbagai factor seperti lingkungan yang aman, bersih, bebas polusi, suasana yang sejuk, mudah dijangkau, dekat dengan fasilitas umum, ruangan yang lapang dan sebagainya. Hal yang sangat penting disamping nyaman adalah standar kesehatan. Rumah tinggal harus memenuhi standar kesehatan.

Sebuah rumah tinggal sangat sulit memenuhi semua factor tentang ciri-ciri rumah yang nyaman dan sehat. Paling tidak sebuah rumah tinggal hendaknya mempertimbangkan sebanyak mungkin ciri-ciri rumah nyaman dan sehat. Rumah yang besar dan mewah belum tentu memenuhi standar tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami standar kenyamanan dan kesehatan sebelum membangun atau membeli rumah.

Beberapa factor yang dapat menjadi referensi untuk menyiapkan rumah tinggal yang nyaman dan sehat akan dibahas berikut ini.

  1. Sirkulasi udara yang baik

Udara yang cukup menjadi kebutuhan mutlak bagi kehidupan yang sehat. Oleh sebab itu sirkulasi udara yang baik dibutuhkan pada sebuah rumah tinggal. Sirkulasi udara yang baik memungkinkan pertukaran udara setiap saat sehingga udara dalam rumah (baca oksigen) tersedia dengan jumlah yang cukup dan bersih. Sirkulasi udara yang kurang baik akan menyebabkab rumah menjadi pengap, bau dan bisa menjadi sarang bakteri.

 

  1. Pencahayaan

Cahaya yang cukup sangat dibutuhkan sesuai dengan jenis aktivitas dalam rumah. Karena itu kebutuhan cahaya menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih rumah. Misalnya untuk ruang kerja membutuhkan intensitas cahaya lebih banyak daripada ruang keluarga. Hal ini penting dalam kaitannya dengan kenyamanan dan kesehatan mata. Sumber pencahayaan tidak hanya lampu tapi juga cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Bahkan idealnya rumah tinggal lebih banyak mengandalkan cahaya matahari pada siang hari tentunya.

 

  1. Kualitas Air

Air adalah salah satu kebutuhan mutlak seperti halnya udara. Air dibedakan atas air untuk minum dan air untuk keperluan mandi dan mencuci. Untuk kebutuhan ini diperlukan kriteria masing-masing. Idealnya air untuk kebutuhan minum benar-benar bersih dan memenuhi standar baku kesehatan. Bahkan di beberapa kota besar air kran dapat diminum langsung karena sudah terjamin kebersihan dan kesehatannnya. Sumber air juga harus menjadi pertimbangan. Ada sumber air dari PDAM, sumur bor (tergantung kedalaman), sumber air permukaan yang terbuka bahkan ada yang menggunakan air hujan sebagai sumber air. Membicarakan kualitas air membutuhkan bahasan tersendiri yang cukup luas. Pada dasarnya air untuk kebutuhan rumah tangga harus sehat dan bersih.

 

  1. Sanitasi yang baik

Terkadang sebuah rumah tinggal menjadi tidak nyaman karena sanitasi (pembuangan air limbah) yang susah. Akibatnya terjadi genangan air selokan di sekitar rumah yang selanjutnya menjadi sumber penyakit, sumber bau tak sedap. Karena itu sanitasi hendaknya menjadi perhatian dalam memilih rumah yang nyaman dan sehat.

 

  1. Konstruksi bangunan yang kuat

Rumah yang bersih, luas dan udara yang sejuk tidak akan berarti jika konstruksi bangunan rumah tidak berkualitas. Bahkan bahaya dapat mengancam setiap saat jika terjadi goncangan angin atau gempa bumi. Tidak sedikit perumahan mewah yang mengalami masalah akibat konstruksi bangunan yang tidak berkualitas. Maka sebelum membangun atau membeli rumah tinggal, telitilah memeriksa kualitas konstruksi bangunannya.

 

  1. Kebersihan rumah

Kita sering menyaksikan rumah besar dan megah namun tidak memperhatikan kebersihan rumah. Sampah di mana-mana menyebabkan bau, debu menempel pada perabot rumah sehingga membuat kita tidak nyaman tinggal di rumah itu. Bukankah kebersihan pangkal kesehatan?

 

  1. Bebas polusi

Polusi atau pencemaran tidak hanya polusi udara, air dan tanah tapi termasuk polusi suara. Bahkan polusi suara kadang sangat mengganggu lebih dari polusi lainnya. Misalnya suara kendaraan, suara pabrik atau aktivitas lain yang menimbulkan suara bising.  Polusi udara misalnya debu, gas atau partikel padat.

 

  1. Kemanan lingkungan

Kemanan lingkungan meliputi keamanan terhadap gangguan kejahatan dan keamanan terhadap kerawanan bencana alam. Keamanan terhadap gangguan kamtibmas tentu terkait dengan system pengaman lingkungan. Biasanya hal ini telah disiapkan oleh pengelola perumahan jika berada pada komplek perumahan. Keamanan terhadap bencana alam misalnya bebas banjir, bebas dari ancaman longsor, jauh dari gunung berapi, jauh dari bangunan tinggi yang rawan seperti menara. Tidak kalah pentingnya jauh dari jaringan listrik tegangan tinggi (sutet).

 

  1. Dekat dengan fasilitas umum

Rumah tinggal yang baik jika dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, pasar, terminal, stasiun Kereta Api, sarana hiburan, sarana ibadah.

 

  1. Penataan ruang

Idealnya rumah tinggal yang baik memiliki ruangan yang cukup lapang sehingga kita bisa menata setiap ruangan sesuai kebutuhan. Tapi tidak semua rumah tinggal memiliki ruang yang cukup sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menata ruang sehingga tetap nyaman meskipun ruang terbatas. Perhatikanlah penataan ruang di apartemen meskipun terbatas tapi nyaman karena ditata dengan apik. Yang penting ada pembagian ruang yang jelas antara area dapur, area ruang tidur, area ruang tamu dan area kamar mandi/toilet.

Itulah beberapa factor yang dapat menjadi referensi bagi anda yang merencanakan sebuah rumah tinggal yang nyaman dan sehat. Secara detail tentu masih banyak hal yang dapat menjadi referensi menciptakan rumah yang nyaman dan sehat. Namun setidaknya ada beberapa acuan pokok bagi anda untuk memilih rumah tinggal yang nyaman dan sehat. Ingat, kenyaman dan kesehatan tidak identic dengan kemewahan. Sebuah pondok kecil di tepi hutan bisa menjadi hunian yang nyaman dan sehat. Tapi sebuah rumah mewah di tengah kota bisa menjadi hunian yang sangat tidak nyaman.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Mungkin anda membutuhkan konsultasi atau anda membutuhkan informasi hunian yang nyaman dan sehat? Anda butuh rumah atau apartemen di Jakarta? Rumah/aparetemen baru atau second? Mau beli atau sewa? Atau mungkin anda mau menjual rumah/Ruko/tanah namun anda sangat sibuk? Percayakan kepada kami STAR HOME Agen Properti berpengalaman. Hubungi agen konsultan kami https://api.whatsapp.com/send?phone=68124264455text=Halo%20saya%20butuh%20informasi%20rumah%20second

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *