Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online

Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online. Promosi atau iklan adalah bagian tak terpisahkan dari kegiatan pemasaran. Promosi merupakan media komunikasi antara penjual dengan calon pembeli atau pengguna jasa. Komunikasi berupa pemberian informasi tentang produk barang atau jasa, ajakan untuk menyukai dan membeli barang atau jasa.  Promosi yang baik adalah ketika calon pembeli dengan rasa ketertarikan dan keyakinan akan manfaat, kualitas dan kecocokan akan barang atau jasa yang ditawarkan sehingga timbul keinginan untuk membeli.

Menurut Terence A. Shimp , fungsi promosi ada 5 yakni:

  1. Memberikan informasi (Informing) tentang keberadaan barang atau jasa, manfaatnya, spesifikasi, kualitas serta keuntungan yang akan diperoleh ketika memiliki barang atau jasa tersebut. Termasuk informasi tatacara pembelian, pengiriman dan pembayaran.
  2. Membujuk (Persuading) calon pembeli agar dengan senang hati membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online.
  3. Mengingatkan (Reminding) para pelanggan untuk selalu mengingat merek barang setiap kali membutuhkan barang yang sama. Ingatkan untuk selalu menyimpan nomor kontak anda.
  4. Nilai Tambah (Adding Value) yakni upaya berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas, membuat inovasi mengubah persepsi konsumen kearah lebih menyenangi produk tersebut. Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online.
  5. Pendampingan (Assisting) yakni memberikan layanan purna jual kepada konsumen sebagai bagian dari upaya menjaga kepercayaan pelanggan.

Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online.  Sebelum melakukan kegiatan promosi atau iklan, penjual atau penyedia barang/jasa hendaknya memahami tujuan promosi agar tidak salah dalam melakukan kegiatan promosi. Apapun sarana promosi yang digunakan misalnya social media, media elektronik, media tertulis, billboard bahkan promosi lisan, tjuan promosi tetap sama.  Adapun tujuan promosi adalah sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan persepsi yang baik kepada pelanggan tentang produk yang akan dijual pleh penyedia barang/jasa agar pembeli dapat memahami dengan baik barang/jasa yang akan dibeli.
  2. Memperkenalkan dan memberi pemahaman yang benar tentang produk yang akan dibeli sehingga barang tersebut dapat berdaya guna dan dimanfaatkan secara optimal dan bijak. Hal ini sangat penting karena konsumen tidak melihat langsung fisik barang dengan cara bisnis online. Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online.
  3. Memberi tuntunan untuk melakukan pilihan yang tepat terhadap suatu produk
  4. Melakukan persuasive kepada pelanggan agar tergerak untuk membeli produk yang ditawarkan.
  5. Mengimbangi pengaruh persaingan dari produsen lainnya
  6. Menciptakan pencitraan tentang produk yang ditawarkan.

Dalam melakukan kegiatan promosi hendaknya memperhatiak beberapa hal agar promosi benar-benar menjadi sarana untuk mendatangkan pembeli. Promosi yang salah bahkan akan membuat calon pembeli merasa enggan bahkan merasa tertipu oleh promosi tersebut. Hal-hal yang penting dilakukan misalnya promosi yang berlebihan dan tidak sesuai dengan realitas produk. Memperhatikan etika social, budaya dan menghindari unsur SARA. Gunakan bahasa, tulisan, video dan sarana visual yang menarik dan berkesan. Upayakan promosi anda berfungsi sebagai sumber informasi yang bermanfaat bagi siapapun yang menyaksikan. Selamat berpromosi yang baik agar menjadi pebisnis yang sukses. Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online.

ARTIKEL TERKAIT: Jual Anggrek Hybrid Dan Spesies Yang Sehat di Jakarta Pusat WA 082189307012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *