Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online. Bisnis online saat ini mengalami masa keemasan. Penjualan secara offline mengalami kemunduran yang sangat signifikan beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan perkembangan kemajuan dan tersedianya sarana prasarana teknologi menjadikan bisnis online menjadi pilihan terbaik saat ini. Banyak pusat penjualan ritel gulung tikar akibat tergusur oleh penjualan secara online. Bisnis online adalah transaksi antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara online dengan dukungan internet. Penjual dan pembeli tidak melakukan tatap muka tapi hanya berkomunikasi melalui sarana IT seperti handphone atau laptop.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.  Dibandingkan dengan bisnis offline, memang bisnis online memiliki beberapa kelebihan namun bukan berarti tanpa kelemahan. Dalam tulisan ini akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online untuk menambah wawasan pengetahuan bagi para pelaku bisnis online. Konsekwensi bagi masyarakat sebagai konsumen yakni harus mengikuti trend pola bisnis zaman sekarang. Karena itu masyarakat juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan bisnis online agar tidak menjadi “obyek penderita” bisnis online.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.  Ada yang mengatakan bahwa daya beli masyarakat makin menurun terlihat dari makin sepinya tempat-tempat perbelanjaan umum. Sesungguhnya daya beli masyarakat tidak menurun. Yang berubah adalah metode berbelanja dari offline ke online. Saat ini kita dapat membeli barang apa saja tanpa harus keluar rumah hanya dengan modal gadget dan dukungan internet. Toko online juga tumbuh bagaikan jamur di musim hujan tanpa terlihat keberadaannya. Berikut akan diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online khususnya transaksi barang dan jasa.

Apa saja kelebihan bisnis online?

  1. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Orang melakukan bisnis online dimana saja dan kapan saja sebab tidak membutuhkan tempat untuk transaksi bahakan konsumen tidak mengetahui dimana penjualnya. Dapat dilakukan kapan saja karena bisnis online tidak terikat jam kerja.
  2. Hampir tidak membutuhkan modal usaha yang penting modal pengetahuan tentang IT secukupnya untuk dapat menjalankan aplikasi bisnis. Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.
  3. Tidak harus memiliki produk sendiri untuk dijual karena banyak system yang memungkinkan penjual menawarkan barang orang lain misalnya dengan cara dropship atau affiliate.
  4. Tidak membutuhkan berbagai macam perizinan seperti Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usah (SITU), Izin Lingkungan dsb. Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.
  5. Proses transaksi mudah tanpa harus keluar rumah dengan berbagai resiko.
  6. Tidak membutuhkan karyawan dengan berbagai konsekwensi seperti gaji karyawan, diklat karyawan, asuransi dsb. Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.
  7. Tidak terikat dengan aturan perusahaan karena bisnis online sepenuhnya milik pengelolanya. Anda dapat bertransaksi sambil tiduran, dengan pakaian seadanya atau sambil makan.
  8. Dapat menjangkau wilayah yang tak terbatas. Penjual dapat menawarkan barang ke seluruh belahan dunia dan konsumen pun dapat berbelanja dari Negara manapun.
  9. Dapat dijalankan oleh siapa saja termasuk pegawai, mahasiswa, ibu rumah tangga, pensiunan dll.
  10. Tidak perlu stok barang dengan resiko kerusakan dan kadaluarsa, tidak butuh gudang penyimpanan dan karyawan gudang kecuali memiliki produk sendiri. Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.

Disampaing kelebihan, bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  1. Sering dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.
  2. Konsumen tidak mengamati secara langsung fisik barang sebelum membeli sehingga barang yang diterima sering tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.
  3. Barang tidak langsung diterima apalagi jika proses pengiriman kurang lancer.
  4. Konsumen masih harus menanggung biaya pengiriman barang.
  5. Bagi penjual, keuntungan tidak langsung dinikmati apalagi dengan system dropship atau affiliate.
  6. Penjual harus gencar melakukan promosi agar dikenal luas oleh calon pembeli
  7. Membutuhkan pengetahuan IT
  8. Membutuhkan dukungan jaringan internet.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online semoga dapat menambah wawasan para pembaca. Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online.

ARTIKEL TERKAIT:Fungsi Promosi Dalam Menjalankan Bisnis Online

Jika anda tertarik untuk mendapatkan pengetahuan bisnis online dengan baik, dibimbing sampai berhasil maka tempat yang tepat adalah SB1M (Sekolah Bisnis 1 Milyar) yang berpusat di Jakarta. Ada juga kelas free member. Jika anda tidak memiliki produk, disediakan produk berkualitas untuk dipasarkan. Anda berada di luar Jakarta tidak perlu kuatir karena ada bimbingan online. Penasaran untuk info selengkapnya? Hubungi WA 082189307012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *