Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.

Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin. Hari Ulang Tahun (HUT) merupakan hari yang istimewa dan selalu ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Bahkan bukan hanya hari ualng tahun orang tapi juga ulang tahun Negara, daerah, lembaga atau berbagai organisasi, pada umumnya dirayakan sebagai hari istimewa. Merayakan ulang tahun umumnya disertai dengan kue ulang tahun dan lilin. Atau dalam bentuk lain mungkin nasi tumpeng atau hidangan istimewa lainnya. Lalu, apa makna memperingati hari ulang tahun, adanya kue dan lilin?

Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.  Sejarah mencatat bahwa peringatan hari ulang tahun bagi seseorang sudah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Beberapa literature menjelaskan tentang hari ulang tahun dan symbol-simbolnya serta makna masing-masing. Ada yang mencatat bahwa ulang tahun awalnya dilakukan oleh kelompok Paganisme yang meyakini bahwa roh-roh jahat selalu mengincar orang yang berulang tahun sehingga para kerabat melakukan perayaan dengan berbagai aksi untuk menakut-nakuti roh jahat.

Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.  Dalam kepercayaan Yunani, ulang tahun diperingati dengan menyajikan kue tart berbentuk bulat sebagai persembahan kepada Artemis (Dewa Bulan) dan lilin sebagai symbol cahaya kehidupan. Konon ketika lilin di tiup, asapnya akan membawa pesan pengharapan orang yang berulang tahun kepada Dewa Artemis. Perayaan ulang tahun kemudian berkembang di Eropa dengan menyediakan kue tart  sebagai tradisi dan lilin sebagai symbol cahaya kehidupan.

Pada mulanya di Eropa orang memperingati hari ulang tahun dengan beberapa makna dan pengharapan. Perayaan ulang tahun dilakukan untuk menghindarkan orang yang berulang tahun dari gangguan roh jahat dan menjadi momen untuk mengajukan permohonan kepada Dewa (make a wish). Tiupan lilin dengan sekali tarikan nafas dipercaya akan membawa keberuntungan. Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.

Makna hari ulang tahun saat ini.

Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.   Lain dulu lain sekarang. Saat ini orang memperingati hari ulang tahun tentunya berbeda dengan masa lalu dan cenderung sebagai ungkapan rasa syukur dan sukacita saja. Orang menyiapkan symbol-simbol berupa kue, tumpeng dan lilin adalah tradisi yang melengkapi kegembiraan. Kado dan ucapan selamat adalah sebagai tanda ikut bersukacita dari keluarga dan kerabat. Dalam ungkapan syukur ini tentu setiap orang mengungkapkannya sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Pada umumnya inti dari peringatan hari ulang tahun saat ini yakni memanjatkan doa syukur kepada Tuhan yang memberi kehidupan dan berbagai nikmat bagi yang berulang tahun.

Meskipun makna hari ulang tahun dan symbol-simbolnya tentu berbeda bagi setiap orang berdasarkan tradisi, keyakinan dan lingkungannya tetapi secara umum ada beberapa makna yang mungkin bersifat umum tentang hari ulang tahun antara lain:

  1. Sebagai ungkapan rasa syukur seseorang atas karunia kehidupan yang diberikan oleh Tuhan kepadanya. Karena itu ulang tahun dianggap sebagai hari istimewa dan pantas untuk dirayakan.
  2. Sebagai momen untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi diri khususnya bagi orang dewasa akan berbagai hal positif maupun hal negative untuk selanjutnya menjadi acuan langkah kehidupan selanjutnya. Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.
  3. Mengundang keluarga dan sahabat adalah rasa sukacita dan ingin berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Selanjutnya keluarga dan sahabat membawa kado dalam wujud apapun sebagai ungkapan selamat dan ikut bersukacita.
  4. Adanya kue ulang tahun atau tumpeng dan sejenisnya serta lilin dan aksesoris lainnya termasuk balon adalah sebagai tradisi turun temurun yang dilestarikan sebagai ciri khas.
  5. Kemajuan teknologi komunikasi saat ini membawa dampak terhadap ungkapan turut bersukacita dengan menggunakan social media dan sering dilengkapi dengan gambar-gambar misalnya kue ulang tahun. Makna Memperingati Ulang Tahun, Kue Tart dan Lilin.

Apapun motivasi anda memperingati hari ulang tahun yang pasti bahwa hari ulang tahun merupakan hari istimewa bagi sebagian orang. Ya..kita tidak menutup mata bagi sebagian orang yang tidak setuju bahkan ada yang tidak mengenal hari ulang tahunnya. Tulisan ini saya buat tepat di hari ulang tahun saya yang ke-59 pada tanggal 20 Mei 2018. Semoga ada manfaatnya bagi anda.

Artiket terkait: Prosesi Pernikahan Adat Mamasa Sebagai Warisan Mulia Para Leluhur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *