Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Beras sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia bahkan sebagian besar penduduk dunia. Oleh sebab itu beras tentu menjadi prioritas dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Dapat dibayangkan jika terjadi krisis beras di Indonesia, pasti menjadi permasalahan besar. Beruntunglah kita bangsa Indonesia dikaruniai tanah yang subur dimana padi dapat tumbuh dengan suburnya. Mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan anda telah mengkonsumsi beras organic. Apa sih..beras organic itu?

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia . Beras organic adalah beras yang diperoleh dari padi yang ditanam pada lahan ramah lingkungan tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun. Lahan sawah tempat menanam dipastikan bebas dari pencemaran zat kimia, pemupukan menggunakan pupuk organic berupa pupuk hijau dan kompos, pengendalian hama dilakukan secara alami tanpa insektisida dan pestisida atau sejenisnya. Jadi beras organic yakni beras yang bebas dari pengaruh zat kimia dan juga bebas dari rekayasa genetika.

Dari penanaman secara organic ini ternyata menghasilkan beras yang sangat berkualitas baik kandungan nutrisinya maupun rasa dan aromanya jauh lebih baik dari beras biasa. Beras organic memang sangat berbeda dengan beras biasa terutama manfaatnya terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu jangan heran kalau harganya juga sangat berbeda dengan beras biasa. Jika anda telah merasakan khasiat dan keunggulan beras organic maka anda akan “ketagihan” untuk mengkonsumsi beras organic secara kontinyu.

Beras organic dibedakan atas beberapa jenis berdasarkan sifat-sifat fisik dan khasiatnya.  Berdasarkan warnanya, dikenal beras organic hitam, beras organic merah, beras organic coklat dan beras organic putih. Berdasarkan khasiatnya dapat dibedakan lagi seperti beras organic diabetes, beras organic diet, beras organic puasa, dan beras organik untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia . Apa saja kelebihan beras organic dibandingkan beras biasa? Berikut ini akan saya uraikan beberapa kelebihan beras organic.

  1. Kandungan nutrisi jauh lebih baik dan tentu lebih sehat karena bebas dari pengaruh zat kimia seperti pupuk buatan dan insektisida.
  2. Rasanya lebih enak dan lebih pulen bahkan enak dikonsumsi tanpa lauk sekalipun.
  3. Aromanya harum sehingga mengundang selera makan
  4. Nasinya tidak gampang basi yakni dapat bertahan selama 2 hari setelah dimasak, kecuali beras organic coklat yang agak cepat basi
  5. Aman untuk penderita diabetes karena memiliki tingkat glikemik yang rendah
  6. Dapat mencegah berbagai jenis penyakit seperti jantung, asam urat, kanker, vertigo, kolesterol dan sebagainya. Akan diuraikan lebih rinci pada bagian berikutnya.
  7. Bebas pengawet beras dan pemutih yang disinyalir banyak digunakan orang pada beras biasa
  8. Kualitasnya dikontrol oleh Lembaga Sertifikasi Mutu

Berikut ini akan diuraikan kelebihan dan manfaat setiap jenis beras organic agar anda dapat memilih beras organic sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Beras Organik Hitam
  2. Memiliki kandungan gizi yang tinggi dan berkualitas
  3. Rasa dan aromanya khas dan menggugah selera makan
  4. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Memperlambat terjadinya anti penuaan (antiaging) karena tingginya kandungan antioksidan (plavanoid)yakni 5 kali lebih tinggi dari beras biasa
  6. Mencegah gangguan ginjal
  7. Kaya vitamin dan asam amino
  8. Baik untuk penderita diabetes
  9. Menghasilkan zat yeng menghambat kinerja karsinogenik (zat penyebab kanker)
  10. Memperbaiki kerusakan hati
  11. Menurunkan tekanan darah
  12. Baik untuk program diet. Kandungan kalori 352,46, protein 10,74 %, karbohidrat 71,47 %, dietary 0,75%.
  13. Beras Organik Merah
  14. Rasanya lebih enak meskipun tanpa lauk. Telah dikenal sejak 2800 SM digunakan oleh para tabib sebagai bahan pengobatan untuk berbagai penyakit.
  15. Baik untuk menurunkan berat badan
  16. Mencegah berbagai penyakit dan memperbaiki system pencernaan
  17. Meningkatkan kinerja otak
  18. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  19. Mencegah sembelit
  20. Mengandung banyak vitamin B1, B6, B12
  21. Mengandung mineral dan serat yang tinggi
  22. Membantu kesehatan jantung
  23. Kandungan asam amino yang tinggi
  24. Menyehatkan pembuluh darah
  25. Kandungan Magnesium tinggi yakni secangkir beras organic merah dapat memenuhi 25% kebutuhan Magnesium tubuh.
  26. Mengandung Selenium (Se) sebagai katalisator pemecah ikatan peroksida menjadi senyawa yang tidak beracun.
  27. Beras Organik Putih

Pada dasrnya sama dengan beras organic hitam namun lebih pulen dan wangi serta tidak mudah basi.

  1. Beras Organik Coklat

Aroma dan rasanya lebih mirip beras  ketan, lebih cepat basi disbanding beras organic lainnya tetapi kandungan nutrisnya sangat tinggi.

 

BACA ARTIKEL TERKAIT:https://www.tomamase.com/ciri-ciri-makanan-yang-baik-bagi-kesehatan-tubuh-manusia/

Itulah uraian singkat tentang manfaat beras organic terhadap kesehatan tubuh manusia semoga bermanfaat. Tulisan ini semoga menambah wawasan anda terutama bagi yang belum mengenal bahan pangan organic utamanya beras organic. Semoga tulisan ini memotivasi kita untuk kembali pada pola hidup alami (back to basic) dalam bingkai kemajuan teknologi. Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN SECARA ONLINE KE SELURUH INDONESIA

HUBUNGI  082189307012, 085218103297 (Ibu Tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *