MANFAAT DAUN MIANA SEBAGAI SAYUR YANG BERKHASIAT OBAT

MANFAAT DAUN MIANA SEBAGAI SAYUR YANG BERKHASIAT OBAT

MANFAAT DAUN MIANA  SEBAGAI SAYUR YANG BERKHASIAT OBAT. Daun Miana atau Mayana dengan nama Latin Coleus benth tergolong tanaman asli Indonesia yang tersebar di berbagai tempat dan tumbuh sebagai tanaman liar didaerah pegunungan  yang subur. Tanaman ini menyukai daerah yang teduh dan tanah lempung berpasir. Miana dijumpai dengan berbagai warna seperti hijau, merah, ungu. Ada juga dengan kombinasi warna berbentuk loreng atau bintik-bintik. Karena keindahannya maka Miana digunakan sbagai salah satu tanaman hias sekaligus sebagai tanaman obat. Baca artikel terkait: Khasiat Daun Miana sebagai Obat Tradisional Yang Ampuh.

Taksonomi tanaman Miana adalah sebagai berikut:

Kingdom              : Plantae

Sub Kingdom     : Tracheobionta

Super Divisi         : Spermatophita

Divisi                      : Magnoliophita

Kelas                     : Magnoliopsida (dikotil)

Sub Kelas             : Asteridae

Ordo                      : Lamiales

Famili                    : Lamiaceae

Genus                   : Coleus

Spesies                 : Coleus atropurporeus

Meskipun daun Miana sudah dikenal luas sebagai tanaman hias dan tanaman obat namun pemanfaatan daun Miana sebagai sayur yang berkhasiat obat mungkin belum banyak dikenal.  Di beberapa daerah seperti Toraja dan Mamasa, daun Miana merupakan sayur uatama ketika ada acara keluarga atau pesta. Maka jangan heran jika daun Miana dijual dalam jumlah banyak dipasar-pasar di Toraja dan Mamasa. Penggunaan daun Miana sebagai sayur biasanya dicampur dengan daging atau ikan dan pada umumnya dimasak dalam wadah bambu. Di daerah Toraja dikenal dengan masakan Pa’piong sedangkan di Mamasa disebut Leong.

Cara pembuatan sayur dari daun Miana sebagai berikut: Pertama, petik daun Miana bersama batang muda kira-kira lima lembar daun dari pucuk atau dibeli dari pasar. Kemudian bersihkan daun Miana dari kotoran dan buang jika ada bagian batang yang keras . Daun Miana tidak perlu dipisahkan dari batang muda, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Kedua, siapkan daging atau ikan dengan cara dipotong-potong kecil agar tercampur rata dengan daun Miana. Jika menggunakan ikan pilih ikan yang berdaging lembut seperti ikan mas, ikan lele, ikan patin. Daging ayam sangat cocok sebagai pilihan.  Ketiga, siapkan bumbu yakni bawang merah, bawah putih, daun bawang, serai, jahe, cabe rawit utuh, garam dan penyedap rasa sesuai selera. Semua bumbu kecuali cabe dan penyedap rasa ditumbuk halus.  Keempat siapkan bambu setengah muda  sebagai wadah, cuci bagian dalam kemudian dibalik agar kering. Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya ketiga bahan yakni daun Miana, daging dan bumbu dicampur secara merata dan biarkan sejenak sampai bumbu meresap. Selanjutnya bahan yang telah tercampur rata dimasukkan ke dalam bamboo sedikit demi sedikit jangan sampai ada bagian yang kosong. Terakhir, bamboo-bambu yeng telah diisi dibakar dengan api sedang dan usahakan jangan sampai bambu terbakar hangus. Karena itu pilihlah kayu bakar yang menghasilkan bara yang baik. Jika sudah mendidih, bambu diputar-putar agar panasnya merata. Selamat mencoba.

Baca artikel terkait: BERBAGAI MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *