MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH. Mengkonsumsi kopi masih menjadi perdebatan sampai saat ini.  Sebagian orang mengatakan dapat merusak kesehatan namun sebagian pula mengatakan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kedua pendapat ini masing-masing mengklaim sebagai hasil penelitian. Terlepas dari pro dan kontra tentang mengkonsumsi kopi, penulis akan melihatnya dari sisi fakta dan pengalaman dikaitkan dengan referensi hasil kajian ilmiah.

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH. Kopi sebagai minuman yang sangat digemari di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sebagai Negara penghasil kopi, masyarakat Indonesia selayaknya memahami seluk beluk pengaruh kopi terhadap kesehatan tubuh. Kopi merupakan minuman yang sangat umum disajikan pada setiap acara dan minuman sehari-hari. Bahkan di beberapa daerah, kopi dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak setiap hari. Kopi disuguhkan dalam berbagai bentuk olahan, ada yang sangat tradisional sampai pada berbagai jenis olahan modern.

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH. Kopi Mamasa WA 082189307012, 081342283285

Secara tradisional, kopi diolah secara sederhana dimulai dari pemetikan, pengeringan, penyangraian, penggilingan dan hasil akhirnya adalah bubuk kopi yang siap diseduh. Citarasa kopi sangat dipengaruhi oleh cara pengolahan. Memang ada standar kualitas kopi yang juga dipengaruhi oleh daerah tempat tumbuh dan jenis tanaman kopi namun secara umum kualitas kopi dipengaruhi oleh proses pengolahannya.

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH. Berdasarkan berbagai referensi dikaitkan dengan fakta dan pengalaman di masyarakat, berikut ini akan kita bahas manfaat mengkonsumsi kopi bagi kesehatan tubuh. Untuk diketahui bahwa disamping mengandung kafein, kopi juga kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin B2,  B3, B5, mineral Mangan, Magnesium, Kalium dan juga kaya antioksidan. Dari salah satu referensi di jelaskan bahwa dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kinerja jantung dan meningkatkan produksi urin.

Kafein sering membuat susah tidur sebab memiliki efek bertentangan dengan adenosine ( senyawa yang  terdapat dalam otak yang membuat orang cepat tidur). Kafein membuat perasaan tidak mengantuk, segar, perasaan gembira, jantung agak berdetak, tekanan darah mungkin naik pada beberapa orang. Efek lainnya adalah liver melepaskan gula ke dalam aliran darah yang selanjutnya akan diubah jadi energy. Karena itu peminum akan akan merasa lebih berenergi.

Secara rinci dapat diuraikan beberapa manfaat mengkonsumsi kopi berdasarkan berbagai sumber ilmiah serta fakta dan pengalaman.

  1. Mengkonsumsi kopi dapat membuat kita lebih bergairah, energik dan semangat.
  2. Kafein dalam kopi dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolism. Penelitian membuktikan bahwa kafein meningkatkan pembakaran lemak 10% – 29% dan metabolism 3 – 11%.
  3. Meningkatkan performa fisik, meningkatkan adrenalin dalam tubuh.
  4. Kopi mengandung berbagai nutrisi seperti Riboflavin (vitamin B2) 11% dari kebutuhan nutrisi atau RDA, Niacin (vitamin B3) 2% dari RDA, Asam Pantetonat (Vitamin B5) 6% dari RDA, Manganese, Potassium, Magnesium. RDA (Recommended Dietary Allowence).
  5. Penelitian membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan resiko diabetes yakni 23-50% lebih kecil bagi peminum kpi disbanding yang tidak minum kopi.
  6. Kopi juga mengandung serat yakni sekitar 1,8 gr dalam segelas kopi.
  7. Dapat mencegah Alzheimer dan dimensia yakni 65% lebih kecil pada peminum kopi.
  8. Mengurangi resiko Parkinson 32-65%
  9. Menurunkan resiko terkena kanker terutama kanker hati dan usus besar
  10. Mengurangi resiko stroke
  11. Mngurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga atau bekerja keras
  12. Mengurangi rasa encok
  13. Dapat melindungi sirosis hati bagi peminum kopi 4 gelas perhari
  14. Mengurangi depresi dan membuat hidup lebih ceria dan semangat
  15. Mencegah bakteri yang merusak gigi jika minum kopi tanpa gula
  16. Mengandung antioksidan baik robusta maupun arabika keduanya sebagai sumber antioksidan yang baik.

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH. Sebagai catatan bahwa manfaat kopi seperti uraian di atas dapat dirasakan apabila kopi dikonsumsi pada takaran yang tepat, tidak berlebihan atau bagi orang tertentu yang sensitive terhadap kopi, atau karena penyakit tertentu yang tidak cocok mengkonsumsi kopi. Bahkan konon pada konsumsi kopi yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke. Secara umum, takaran konsumsi kopi yang baik adalah 2-3 gelas setiap hari, sebaiknya tanpa gula atau sedikit gula. Selamat menikmati kopi hangat.

BACA ARTIKEL LAINNYA: Mengenal Ciri-Ciri Kopi Robusta Yang Berkualitas Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *