Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh. Tanaman kumis kucing dengan nama Latin Orthosiphon aristatus sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Beberapa daerah memberi nama lain seperti brengos kucing, songot koceng, remujung, giri-giri marah dan lain-lain. Dalam bahasa Inggeris disebut kidney tea plants atau java tea. Tanaman kumis kucing memiliki tinggi rata-rata 1,5 meter batang segiempat, daun lancip pada bagian ujungnya, bunga berwarna putih dengan ciri khas memiliki rambut berbentuk seperti kumis kucing.

tanaman kumis kucing

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh. Tanaman kumis kucing tumbuh dengan baik hampir di seluruh wilayah Indonesia dan dikenal sejak dahulu sebagai obat herbal. Melalui penelitian ilmiah ditemukan bahwa tanaman kumis kucing memiliki kandungan kimia yang berkhasiat obat antara lain arthosiphon glikosida, minyak atsiri, saponin, kalium, myoinositol, dan lain-lain. Memiliki rasa agak pahit atau sepat namun banyak digunakan sebagai minuman yang menyegarkan tubuh.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh. Secara umum tumbuhan kumis kucing sudah dikenal sebagai antiradang, peluruh air seni (diuretic), dan penghancur batu saluran kemih. Bagian tanaman yang digunakan hamper seluruh bagian tumbuhan terutama daun. Bisa digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan atau bentuk kapsul. Dalam beberapa penggunaan sering juga dicampur dengan bahan herbal lainnya.

Beberapa manfaat dan cara penggunaan kumis kucing akan diuraikan berikut ini:

  1. Mengobati infeksi kandung kemih . Cuci bersih 6-10 lembar daun kumis kucing lalu rebus dengan air 1 gelas hingga tinggal setengahnya lalu minum 2 kali sehari. Baik diminum dalam keadaan dingin. Gunakanlah daun yang agak tua.
  2. Ambil 7 helai daun kumis kucing dan 7 batang rumput meniran lalu cuci bersih dan dimasak dengan 3 gelas air hingga tinggal setengahnya. Dinginkan dan minum 3 kali sehari.
  3. Bengkak kandung kemih. Siapkan daun kumis kucing dan daun lidah ular lalu rebus dan air rebusannya diminum. Usahakan air rebusan agak pekat.
  4. Infeksi saluran kemih dan sering kencing dalam volume sedikit. Daun kumis kucing, meniran dan daun kejibeling masing-masing sekitar 30 gram direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal setengahnya. Saring airnya lalu dinginkan dan minum 2 kali sehari.
  5. Batu empedu. Ambil daun kumis kucing sgenggam, 1 rimpang kunyit segar, 7 lembar daun ungu, kayu manis seruas jari dan 3 siung bawang putih. Haluskan semua bahan lalu rebus dalam 1 liter air hingga tinggal setengahnya, dinginkan dan minum 2 kali sehari.
  6. Sakit pinggang dan encok. Ambil daun kumis kucing segar dan meniran kemudian rebus lalu dinginkan dan minum 3 kali sehari.
  7. Keputihan Siapkan segenggam kumis kucing, segenggam daun beluntas, kemukus 7 biji, jintan hitam 1 sendok the. Cuci semua bahan lalu rebus dan minum 2 kali sehari.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh. Itulah beberapa manfaat dan cara penggunaan tanaman kumis kucing untuk mengatasi berbagai penyakit. Tentu saja masih banyak manfaat tanaman kumis kucing sesuai dengan pengalaman di berbagai daerah yang dapat dilestarikan. Penggunaan tanaman kimis kucing bukanlah satu-satunya solusi namun yang terpenting adalah memelihara kesehatan sebelum penyakit datang. Makanan yang bergizi dan sehat, olahraga yang teratur, pengelolaan emosi dan pola hidup sehat adalah cara terbaik menuju hidup sehat.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

One thought on “Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Hello. I have checked your tomamase.com and i see
    you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank hi in google.
    But you can fix this issue fast. There is a tool that creates content like human, just search in google: miftolo’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *