Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh. Tanaman Muerberry atau Murbei dikenal luas di Indonesia karena tumbuh dengan baik hampie di seluruh wilayah Indonesia. Memang murberry tergolong tanaman tropis dan subtropis . Di kawasan Asia tumbuhan murberry bahkan sudah dikenal sejak ratusan tahun sebagai obat tradisional. Disamping sebagai obat tradisional, muerberry lebih banyak digunakan sebagai makanan ulat sutera dan buahnya digemari oleh anak-anak karena rasanya yang manis.

Kali ini kiata akan membahas lebih jauh tentang manfaat tanaman murberry tehadap kesehatan tubuh. Namun sebelumnya kita akan mengenal keberadaan tanaman ini dari sisi klasifikasi tumbuhan. Tanaman murberry tergolong tanaman perdu sebab rata-rata tingginya sekitar 5 meter meskipun pada kondisi tertentu dapat lebih tinggi. Muberry  dikembangbiakkan melalui stek dan sangat mudah tumbuh asal tidak digoyang  selama proses perakaran. Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh.

Klasifikasi tanaman murberry sebagai berikut:

Kingdom                              : Plantae

Sub Kingdom                     : Tacheobionta (berpembuluh)

Super Divisi                         : Spermatophyta ( tumbuhan berbiji)

Divisi                                      : Magnoliaphyta (berbunga)

Kelas                                     : Magnoliopsida (berbiji belah)

Ordo                                      : Urticales

Famili                                    : Moraceae (suku nangka-nangkaan)

Genus                                   : Morus

Species                                 : Morus alba L

Kandungan zat yang bermanfaat dalam murberry cukup banyak antara lain ecdysterone,  inokosterone, lupeol, betasitosterol, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, cis-betahexenol, adenine, asam amino,mineral Cu, Zn, Vitamain A, Vitamin B1, Vitamin C, karoten dll. Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh.

Manfaat Tanaman Murberry

Sebelum dilakukan penelitian ilmiah, tanaman murberry sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional. Semua bagian tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan mulai dari akar, ranting, daun dan buahnya. Daunnya digunakan untuk mengatasi penyakit malaria, darah tinggi, kaki gajah, gangguan pencernaan.  Akarnya digunakan untuk mengobati sakit gigi, cacingan, batuk, sesak napas. Buahnya untuk mengatasi jantung berdebar, sulit tidur, hepatitis dan sakit otot. Sedangkan rantingnya digunakan untuk  sakit pinggang, keram otot, menyuburkan rambut.

Melalui berbagai penelitian didapatkan bahwa tanaman murberry memang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti mencegah kanker, mencegah stroke, membersihkan darah kotor, menjaga kesehatan ginjal, menjaga kesehatan liver, menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah, menurunkan kolesterol, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kesehatan tubuh. Terbukti pula bahwa buah murberry banyak mengandung antioksidan.

Manfaat Tanaman Murberry Bagi Kesehatan Tubuh.  Dikutip secara ringkas dari artikel Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM mengatakan bahwa tanaman murberry bersifat kemopreventif karena mengandung quersetin dan antosianin. Jenis antosianin yang efektif untuk hal ini adalah sianidin 3-O-glukosida yang mampu mereduksi sel kanker paru-paru. Quersetin juga mampu meningkatkan efek penghambatan  adhesi, invasi dan migrasi sel kanker Rahim.

Demikian sekilas tentang tanaman murberry atau murbei serta manfaatnya terhadap kesehatan tubuh. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi setiap pembaca.

ARTIKEL TERKAIT:Manfaat Daun Alfalfa Bagi Kesehatan Tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *