Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat. Penyakit jantung masih merupakan pembunuh nomor satu hingga saat ini. Bahkan ada kecenderungan makin meningkat sejalan dengan membaiknya tingkat perekonomian masyarakat. Artinya ada korelasi yang kuat antara beragamnya jenis pangan dengan penyakit jantung coroner. Beragamnya jenis makanan dan perubahan pola makan menjadi pemicu  utama terjadinya penyakit yang menakutkan ini.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat . Bukan makanan yang menyebabkan penyakit jantung. Tapi pokok masalahnya adalah kelebihan lemak dan kolesterol dalam tubuh yang berasal dari makanan. Kolesterol sebagai penyebab terjadinya penyempitan dan penyumbatan arteri yang menghambat aliran darah dan udara ke jantung. Kedaan ini disebut aterosklerosis. Sejatinya manusia dilahirkan dengan kondisi arteri yang bersih dan sesuai dengan kapasitas fungsinya. Namun sejalan dengan bertambahnya usia dengan pola makan yang salah, terjadi penimbunan lemak, kolesterol dan kalsium pada dinding arteri yang kemudian mengeras dan menghambat persediaan oksigen yang dibutuhkan jantung.

Apakah lemak dan kolesterol berbahaya bagi kesehatan ? Pada konsentrasi yang normal lemak dan kolesterol sesungguhnya bermanfaat bagi tubuh. Namun ketika kadarnya berlebihan dalam darah akan mengakibatkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dengan usia 50 tahun keatas dengan kadar kolesterol  melebihi 295 memiliki resiko 10 kali lebih gampang terkena aterosklerosis. Dibandungkan pria dengan usia sama dengan kadar kolesterol kurang dari 200 resikonya turun hingga 50%.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat . Resiko serangan jantung akan diperparah dengan kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti perokok. Sekitar 30% dari kematian serangan jantung berkaitan dengan kebiasaan merokok. Kondisi lain adalah hypertensi yang sangat rentan mengalami serangan jantung coroner yakni 3 kali lipat dari orang yang memiliki tekanan darah normal. Obesitas atau kelebihan berat badan juga salah satu factor penyebab serangan jantung coroner yang patut diwaspadai. Secara ilmiah ditemukan sekitar 5 kali lipat beresiko disbanding orang dengan berat badan normal.

Faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi pada timbulnya penyakit jantung coroner misalnya diabetes, meningkatnya kadar trigliserida, terlalu banyak duduk dan stress. Hampir semua factor penyebab jantung coroner berkaitan dengan pola makan dan jenis makanan. Oleh sebab itu secara sederhana cara mencegah timbulnya penyakit jantung coroner terletak pada pola makan yang benar dan pemilihan jenis makanan yang sehat.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat . Memang tidak mudah mengendalikan pola makan pada kondisi dimana semua jenis makanan telah tersedia dengan mudahnya apalagi makanan yang tidak alami. Ditambah lagi makin meningkatnya aktivitas sehari-hari seakan tidak ada waktu untuk menyiapkan makanan alami. Karena itu pilihan terletak pada keputusan setiap orang. Kesadaran akan pentingnya kesehatan akan menjadi modal utama untuk sedini mungkin mengubah pola makan anda.

Mengkonsumsi makanan alami yang rendah lemak, tanpa bahan kimia, diolah dengan tepat adalah pilihan yang  paling bijak. Sesungguhnya masih banyak bahan makanan alami yang dapat digunakan apalagi jika diolah dan dimasak sendiri di rumah tanpa zat-zat tambahan yang berdampak pada kesehatan. Diet yang tepat juga sebagai salah satu solusi. Banyak orang melakukan diet dengan pola yang salah dengan hanya mengurangi kuantitas makanan tanpa memperhatikan jenis kandungan makanan. Jika ingin menghindari serangan jantung coroner melalui cara diet, maka yang harus dihindari adalah makanan dengan kandungan lemak, kolesterol dan zat-zat kimia.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Dengan Pola Makan Sehat . Daftar kandungan kolesterol jahat dan lemak pada setiap makanan banyak tersedia yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan diet yang tepat. Pola gizi seimbang sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit jantung coroner diimbangi dengan pola hidup yang baik seperti olahraga teratur, hindari stress, hindari makanan buatan dan makanan cepat saji, menghindari rokok dan alcohol. Melakukan cek kesehatan secara teratur akan sangat membantu untuk mendeteksi secara dini penyakit jantung coroner.

BACA ARTIKEL TERKAIT:Jual PROARGI-9+ di Makassar Untuk Menjaga Kesehatan Jantung ,WA 082189307012

Serangan jantung coroner biasanya datang secara tiba-tiba, oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terutama kadar kolesterol secara terratur. Bertambahnya usia juga menjadi factor resiko serangan jantung. Meskipun demikian pola makan dan pola hidup sehat dapat mencegah timbulnya penyakit serangan jantung dan penyakit lainnya. Pengobatan memang makin modern tapi mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *