Mengenal Ciri-Ciri Kopi Robusta Yang Berkualitas Baik

Mengenal Ciri-Ciri Kopi Robusta Yang Berkualitas Baik. Mengenali ciri-ciri kopi berkualitas bagi orang awam mungkin agak sulit. Lain halnya dengan orang yang memahami seluk-beluk kopi tentu menjadi hal yang mudah. Berbicara soal kualitas kopi sesungguhnya tidak bisa hanya dilihat pada tahap akhir ketika kopi sudah siap disajikan sebagai minuman. Kualitas kopi sangat ditentukan oleh semua tahapan dalam proses penanaman sampai pasca produksi.

Mengenal Ciri-Ciri Kopi Robusta Yang Berkualitas Baik

Kopi berkualitas baik akan dihasilkan dari proses penanaman, pemeliharaan dan perlakuan setelah panen. Dimulai dari pemilihan bibit unggul, pengolahan dan penyiapan lokasi tanam yang cocok, pemeliharaan tanaman, pengolahan setelah panen seperti fermentasi, sortasi, pengeringan, roasting dan sebagainya. Biji kopi hasil proses yang baik akan sangat berbeda dengan biji kopi yang diproses seadanya meskipun diambil dari pohon yang sama.

Sebagai konsumen tentu saja tidak mungkin dapat mengamati tahapan-tahapan pengolahan kopi. Kita hanya dapat melihat ketika kopi sudah diperdagangkan baik dalam bentuk biji siap sangria, biji yang telah disangrai atau bahkan kopi yang sudah jadi bubuk siap diseduh. Oleh sebab itu yang penting dipahami sebagai konsumen adalah ciri-ciri kopi berkualitas khususnya biji kopi dan kopi bubuk. Agar lebih spesifik, pembahasan kali ini kita khususkan pada kopi robusta.

Biji kopi robusta kering yang diperdagangkan, kualitasnya dapat dilihat dari penampakan fisiknya. Biji kopi robusta berkualitas antara lain dilihat dari warnanya yang khas biru kehijauan, cerah mengkilap, tidak putih atau pucat. Bentuknya padat, bernas dan tidak lisut, tidak pecah. Biji yang baik akan terasa berat dibandingkan biji yang tidak berkualitas. Orang yang memahami kopi dengan baik akan mengetahui tingkat kekeringan biji kopi meskipun hanya dengan pengamatan fisik biji kopi.

Untuk kopi biji yang telah disangrai antara lain berwarna coklat mengkilap (tidak hitam), memiliki aroma yang tajam, tidak ada biji yang pecah. Cobalah ambil segenggam dan perhatikan jika ada bagian-bagian yang melekat ditangan seperti arang, menandakan kopi kurang baik dan mungkin bercampur dengan benda lain misalnya kulit yang hangus saat penyangraian. Atau mungkin juga dicampur dengan bahan lain dengan maksud tertentu.

Bubuk kopi yang telah siap dikonsumsi dapat dilihat dari beberapa ciri. Bubuk kopi yang baik berwarna coklat dan warna merata. Aroma sangat tajam sebagaimana aroma kopi asli. Ciri yang paling gampang dikenali ketika diseduh dengan air panas akan timbul busa berwarna coklat pada permukaan air. Ketika kopi dicicipi akan terasa nikmatnya kopi robusta yang menyegarkan. Pengujian rasa kopi dilakukan sebelum dicampur dengan gula atau bahan penyedap lainnya.

BACA ARTIKEL TERKAIT: Menikmati Citarasa Kopi Robusta Asli Mamasa

Pengujian kualitas kopi secara ilmiah hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli dan terlatih khusus untuk profesi ini namun sebagai konsumen kita hanya dapat mengenali sifat-sifat umum berdasarkan perasaan dan penglihatan. Hal lain yang sangat penting yang akan dibahas pada bagian lain yakni kemasan kopi bubuk yang benar. Indonesia sebagai salah satu Negara penghasil kopi maka hendaknya kita mengenali dan mencintai kopi sebagai kebanggaan bangsa kita.

ANDA BERMINAT KOPI ROBUSTA BERKUALITAS ? TERSEDIA KOPI ROBUSTA ASLI MAMASA WA 082189307012, 081342283285.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *