Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat. Dahulu kala penyakit asam urat dikenal sebagai penyakit para raja. Hal ini terkait dengan jenis makanan penyebab asam urat yang pada umumnya hanya dikonsumsi oleh para raja dan kaum bangsawan. Sejalan dengan perkembangan, penyakit asam urat tidak lagi terbatas pada orang-orang kaya tetapi hamper semua masyarakat dapat mengalami penyakit asam urat sebagai penyakit yang disebabkan oleh makanan .

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat . Penyakit asam urat sudah dikenal sejak abad ke-5 sebelum Masehi dan pada umumnya diderita oleh kaum pria karena memang kaum pria memiliki kadar asam urat lebih tinggi. Ada kecenderungan asam urat menyerang kaum pria pada usia muda yakni di bawah 35 tahun. Asam urat dikenal juga dengan nama lain yakni gout. Penyakit asam urat sangat popular di daerah perkotaan seiring dengan pola makan yang krang baik.

Apakah asam urat itu? Asam urat adalah penyakit yang timbul akibat gangguan proses metabolime purin yang menyebabkan naiknya kadar asam urat kemudian mengkristal pada bagian persendian dan jaringan tubuh lainnya. Dalam kondisi normal seharusnya asam urat di ekskresi melalui ginjal atau urin. Pada kondisi tidak normal dimana kadar asam urat sangat tinggi maka terjadilah penumpukan yang menyebabkan peradangan pada sendi dan jaringan lainnya.

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat . Penumpukan asam urat yang mengkristal menyebabkan gangguan pada sendi dan jaringan lain yang disebut gout . Penyakit ini sangat menyiksa karena rasa nyeri dan sulit bergerak serta peka terhadap cuaca dingin. Bagian yang terserang menjadi bengkak, memerah dan sering terjadi benjolan yang permanen. Akibatnya penderita dapat mengalami stress karena menurunnya produktivitas serta pantangan terhadap banyak jenis makanan.

Penyebab utama penyakit asam urat atau gout adalah makanan yang mengandung banyak purin seperti daging, kerang-kerangan, jeroan hewani, otak hewan, kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran.  Tetapi penyakit ini dapat juga merupakan akibat dari terganggunya system metabolism karena berbagai gangguan oenyakit. Disamping itu asam urat dapat diperparah dengan pola hidup yang kurang baik seperrti kurang berolahraga, kesibukan luar biasa, stress dan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat.  Meskipun penyakit ini jarang menyebabkan kematian tetapi sangat berpengaruh pada timbulnya penyakit lain seperti ginjal, tulang dan tekanan darah tinggi.Rasa nyeri akibat penyakit asam urat bisanya hanya berlangsung selama 24 jam namun beberapa hari kemudian timbul lagi. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka dapat menimbulkan benjolan permanen pada bagian siku, punggung kaki atau telinga. Pada kondisi serius sering disertai dengan demam, krang nafsu makan, sakit kepala dan jantung berdebar.

Penyebab timbulnya penyakit asam urat dapat diuraikan secara rinci sebagai berikut:

  1. Gout Metabolik yakni meningkatnya produksi asam urat secara berlebihan di dalam tubuh. Hal ini dapat dibedakan atas 2 macam yakni:
  2. Gout metabolic primer jika terjadi produksi asam urat secara berlebihan tanpa adanya penyakit lain sebagai pemicu.
  3. Gout metabolic sekunder jika terjadi produksi asam urat berlebihan akibat adanya penyakit tertentu seperti leukemia, atau akibat pengobatan kanker seperti kemoterapi.
  4. Arthritis Gout yang akut yang sifatnya menyerang secara tiba-tiba akibat kondisi tubuh yang tidak stabil seperti kelelahan, stress, cuaca dingin, minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan tinggi purin atau karena pengaruh obat yang dapat menghambat pembuangan asam urat.
  5. Gout Renal yakni terjadinya pembuangan asam urat yang tidak maksimal pada ginjal. Ada dua kemungkinan hal ini terjadi yakni proses ekskresi yang tidak normal meskipun ginjal sehat dan yang kedua gangguan pada ginjal.

Bagaimana mengatasi penyakit asam urat? Untuk pencegahan asam urat, kaca kuncinya adalah menganut pola hidup sehat yakni makanan yang sehat dan seimbang, olahraga yang cukup dan pikiran yang terkendali. Menghindari makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti jeroan, daging, kacang-kacangan dan beberapa sayuran serta alcohol. Olah raga teratur dan kontinyu serta mengelola pikiran yang benar, menghindari stress dapat mencegah timbulnya asam urat dan penyakit lain.

Mengenal Dengan Baik Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat . Bagaimana mengetahui kadar asam urat dalam tubuh? Pemeriksaan asam urat sangat mudah dilakukan bahkan sampai di daerah pelosok telah tersedia fasilitas pemeriksaan darah. Oleh sebab itu salah satu cara pencegahan asam urat adalah pemeriksaan secara rutin agar dapat mengetahui sedini mungkin kadar asam urat anda sebelum meninggi.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *