Mengenal Lebih Detail Taman Mini Indonesia Indah

Mengenal Lebih Detail Taman Mini Indonesia Indah. Ingin keliling Indonesia hanya dalam sehari, bisa! Di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII anda seolah-olah sedang menjelajahi Indonesia dari Sabang sampai Merauke meskipun hanya dalam bentuk miniature. Memang TMII adalah potret wajah Indonesia sebab semua daerah di Indonesia memiliki anjungan yang menggambarkan ciri khas budaya setaip daerah di Indonesia. Bukan hanya bentu rumah tapi juga berbagai peralatan tradisional dan benda-benda bersejarah dapat ditemukan di Taman Mini Indonesia Indah.

Bukan hanya anjungan daerah tapi Taman Mini Indonesia Indah dilengkapi dengan berbagai jenis sarana rekreasi yang sangat menarik, sarana edukasi, sarana ibadah dan museum. Di tengah Taman Mini Indonesia Indah terdapat danau kecil  yang didalamnya dibuat miniature pulau-pulau di Indonesia seolah-olah kita menyaksikan seluruh kepulauan di Indonesia jika kita berada di atas kereta gantung yang membentang diatas danau tersebut. Mengenal Lebih Detail Taman Mini Indonesia Indah

Mungkin dalam sehari kita tidak sempat mengunjungi semua bagia yang ada di dalam arena TMII. Bayangkan area seluas 150 ha dengan berbagai sarana yang menarik membuat kita sering lupa waktu ketika sudah berada di area ini. Taman Mini Indonesia Indah merupakan sarana rekreasi terlengkap di Indonesia hingga pada saat ini. Terletak di daerah Jakarta Selatan dan tergolong mudah dijangkau dengan angkutan umum dari berbagai penjuru.

Taman Mini Indonesia Indah direncanakan pembangunannya sejak tahun 1970 tepatnya tanggal 13 Maret 1970 di kediaman Presiden Soeharto Jalan Cendana Jakarta. Rencana ini diusulkan oleh Ibu Tien Soeharto sebagai sebuah sarana rekreasi sekaligus gambaran kebinekaan bangsa Indonesia yang terikat dalam satu kesatuan Negara Republik Indonesia. Kemudian pada tahun 1972, pembangunan mulai dilaksanakan dengan nama Proyek Miniatur Indonesia di bawah Yayasan Harapan Kita. Tanggal 20 April 1975, Taman Mini Indonesia Indah secara resmi dibuka. Mengenal Lebih Detail Taman Mini Indonesia Indah

Maskot Taman Mini Indonesia Indah berupa patung Hanoman yang diberi nama Nitra (Anjani Putra) dibangun pada tahun 1991. Dibangun pula rumah ibadah bagi setiap agama yang ada di Indonesia yakni Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Panataran Agung Kertabumi, Vihara Arya Dwipa Aram, Kuil Konghucu Kong Miao, Sasana Adirasa Pangeran Sumber Nyawa.

Mengenal Lebih Detail Taman Mini Indonesia Indah .Bagi anak-anak disiapkan istana bermain anak yang sangat indah dan anak dapat menikmati berbagai sarana bermain, untuk menyimak dongeng-dongeng dan cerita rakyat dari berbagai daerah. Secara etnik, Taman Mini Indonesia Indah dibagi atas 7 bagian yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, Papua. Disamping anjungan setiap daerah, Taman Mini Indonesia Indah dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi, berbagai jenis museum, berbagai jenis taman dan bioskop atau teater.

BACA ARTIKEL TERKAIT:Kuliner Khas Chinese Yang Favorite di Jakartahttps://www.tomamase.com/kuliner-khas-chinese-yang-favorite-di-jakarta/

Sarana rekreasi yang ada di TMII adalah:

  1. Istana Anak Indonesia
  2. Perahu Angsa
  3. Kereta Gantung
  4. Taman Among Putro
  5. Taman Ria Atmaja
  6. Desa Wisata
  7. Waterpark Snow Bay
  8. Sky World Indonesia (Eduwisata Antariksa)

Taman yang ada di TMII meliputi

  1. Taman Anggrek
  2. Taman Apotik Hidup
  3. Taman Kaktus
  4. Taman Melati
  5. Taman Bunga Keong Emas
  6. Taman Burung
  7. Aquarium Ikan Air Tawar

Sedangkan Museum cukup banyak meliputi 16 museum

  1. Museum Indonesia
  2. Museum Purna Bhakti Pertiwi
  3. Keprajuritan
  4. Museum Perangko
  5. Museum Pusaka
  6. Museum transportasi
  7. Museum Listrik dan Energi
  8. Museum telekomunikasi
  9. Museum Penerangan
  10. Museum Olahraga
  11. Museum Asmat
  12. Museum Komodo dan Taman Reptil
  13. Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu
  14. Museum Pusat Peragaan Iptek
  15. Museum Minyak dan Gas Bumi
  16. Museum Timor Timur (bekas anjungan Timor Timur).

Salah satu keunggulan Taman Mini Indonesia Indah sebab letaknya di tengah kota Jakarta sehingga mudah dijangkau. Berbagai jenis cindera mata dan kuliner dapat anda nikmati dengan mudah setelah puas berkeliling area TMII. Taman Mini Indonesia Indah memang tempat rekreasi terlengkap di Indonesia sebab menyediakan semua dimensi nuansa wisata yakni wisata budaya, wisata edukasi, wisata air, wisata bernuansa alam, wisata flora dan fauna dan wisata religi. Jangan katakana sudah pulang dai Jakarta tapi tidak sempat ke Taman Mini Indonesia Indah. Atau jangan sampai anda tinggal di Jakarta namun belum pernah ke TMII. Selamat berwisata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *