Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar

Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar. Banyak yang mengira penyakit reumatik atau rheumatism sama dengan asam urat. Kedua penyakit ini sesungguhnya berbeda karena asam urat atau gout adalah salah satu jenis reumatik. Reumatik dan asam urat merupakan penyakit yang sangat menyiksa pada kondisi kronis karena penderita tidak bisa bergerak dan peka terhadap suhu. Remati tidak hanya menyerang tulang atau persendian namun juga dapat menyerang organ lainnya.

Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar . Apa sesungguhnya reumatik ?  Reumatik adalah penyakit yang menyerang anggota gerak yakni sendi, otot, tulang dan jaringan sekitar sendi. Penyakit ini timbul akibat tidak lancarnya proses perbaikan secara alami pada organ terutama persendian. Penyakit reumati sudah dikenal sejak dahulu dengan ciri-ciri bengkak dan nyeri pada bagian sendi, panas dan berwarna merah. Meskipun jarang menimbulkan kematian tetapi penyakit ini sangat menyulitkan penderita.

Berdasarkan penyebabnya reumatik dapat dibedakan atas beberapa jenis antara lain:

  1. Arthritis Rematoid yang timbul akibat serangan system imun pada lapisan synovial sendi. Pada kondisi serius penyakit ini dapat menyerang organ tubuh secara luas seperti paru-paru, jantung dan mata. Bahkan dapat menyebabkan cacat tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Ciri-ciri penyakit ini antara lain kelelahan, berat badan menurun dan kekurangan darah (anemia).
  2. Gout (Asam Urat). Penyakit ini timbul akibat adanya gangguan metabolism purin sehingga kadar asam urat dalam darah meningkat. Karena asam urat meningkat akibatnya terbentuk Kristal asam urat pada sendi. Gout biasanya menyerang secara mendadak terutama pada usia 40-50 tahun. Gout sangat menyiksa karena nyeri pada sendi terutama jempol kaki dan terasa panas.
  3. Arthritis Rematoid Juvenile. Penyakit ini sering menyerang anak-anak dan biasanya dapat sembuh dengan baik. Namun jika tidak tertangani dengan baik, dapat menyerang seumur hidup. Penyebabnya adalah gangguan metabolism.
  4. Arthritis Psoriatik.Penyakit ini tidak hanya menyerang tulang dan sendi tapi sering juga menyerang kulit. Meski tergolong ringan tapi gejala penyakit ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan efek lain. Penyakit jenis ini juga sering menyerang jari-jari.
  5. Osteo Arthritis. Reumatik ini timbul akibat kerusakan pada bantalan tulang rawan persendian. Jika terjadi gangguan pada peremajaan tulang rawan sendi maka dapat menimbulkan kerusakan tulang rawan persendian. Umumnya menyerang usia 45 tahun ketas.
  6. Ankilosing Spondilitis. Reumatik jenis ini agak langka dan menyerang usia muda di bawah usia 35 tahun. Umumnya menyerang tulang belakang yang menyebabkan kerapuhan tulang belakang dan cenderung menyatu sehingga sangat menyulitkan untuk bergerak. Pada kondisi yang parah, penderita dapat menjadi bungkuk.

Mengapa terjadi reumatik? Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar.

Reumatik dapat disebabkan oleh berbagai factor antara lain:

  1. Jenis rematik yang disebabkan oleh makanan adalah gout atau asam urat. Mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan hewan, kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran dapat menyebabkan kelebihan asam urat sebagai pemicu gout. Oleh karena itu pencegahannya adalah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Dapat juga akibat terganggunya metabolism purin.
  2. Akibat Cedera. Misalnya karena melakukan olahraga yang salah, beban yang berat yang menyebabkan kerusakan sendi, melakukan olah raga tanpa pemanasan yang cukup sehingga terjadi trauma pada persendian.
  3. Menurunnya produksi hormone juga dapat menyebabkan reumatik misalnya pada wanita yang telah menopause. Menurunnya hormone estrogen dapat menyebabkan reumatik.
  4. Kebiasaan bekerja yang salah dapat menyebabkan reumatik. Misalnya selalu dalam posisi membungkuk saat menulis atau posisi badan yang tidak lurus pada saat mengemudikan kendaraan. Kelelahan dan stres juga dapat menyebabkan reumatik, radikal bebas dan factor lingkungan.

Mengenal Penyakit Reumatik Dan Asam Urat Dengan Benar . Bagaimana dengan asam urat? Dari uraian di atas jelas bahwa reumatik berbeda dengan asam urat (gout) karena asam urat hanyalah salah satu jenis reumatik. Asam urat dapat diatasi dengan mudah yakni dengan mengendalikan jenis makanan pemicu asam urat. Reumati ternyata penyebabnya sangat banyak oleh karena itu dibutuhkan penanganan menyeluruh dengan menganut pola hidup sehat. Makanan yang seimbang, olahraga teratur, mengelola stress dan manciptakan lingkungan sehat adalah tindakan paling bijak mengatasi reumatik dan penyakit llainnya.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:Menjaga Kesehatan Sendi Dengan Joint Formula Synergy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *