Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat

Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat. Kabupaten Mamasa ditetapkan sebagai destinasi wisata andalan Sulawesi Barat karena Mamasa memiliki daya tarik wisata yang mempesona. Letaknya di wilayah pegunungan dengan alam nan indah dan sejuk membuat wisatawan ingin berlama-lama tinggal di Mamasa. Bukan hanya alamnya yang indah tapi kekayaan budaya Mamasa yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Selama ini Mamasa kurang dikenal karena berada di bawah bayang-bayang Toraja yang sudah telanjur dikenal.

Sekilas memang Mamasa mirip Toraja namun sesungguhnya Mamasa meiliki ciri khas yang unik terutama wisata budaya. Disamping upacara dan ritual budaya, Mamasa juga memiliki obyek wisata yang cukup menarik baik wisata budaya, peninggalan purbakala maupun wisata alam. Berikut ini kita bahas secara rinci beberapa obyek wisata di Mamasa. Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat

A.Wisata Budaya

  1. Pekuburan kuno Tedong-Tedong di Desa Balla Kecamatan Balla. Kuburan ini diperkirakan berumur ratusan bahkan tidak ada lagi yang dapat menceritakan dengan pasti tentang keberadaan kuburan ini. Puluhan peti mati berbentuk kerbau (tedong) yang penuh dengan tulang belulang manusia berderet dengan rapih. Kuburan ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs purbakala. Jarak dari kota Mamasa 12 km.
  2. Desa wisata Ballapeu’. Tidak jauh dari lokasi kuburan tua Tedong-Tedong, terdapat sebuah pemukiman tradisional yang masih mempertahankan ciri khas Mamasa asli terutama bentuk rumah tradisional Mamasa. Disamping bentuk rumah, masyarakat Desa ini masih melakukan berbagai tradisi turun temurun dalam kehidupan mereka berupa cara bercocok tanam, tradisi pernikahan, ritual kematian dan pertanian. Jarak dari kota Mamasa 16 km.
  3. Rumah Adat Rambusaratu’ di Desa Rambusaratu’ dan Desa Tondok Bakaru. Kedua rumah adat ini sebenarnya pemiliknya satu yakni Pemangku Adat Rambusaratu’. Kedua rumah adat ini saling berdekatan hanya berjarak 1 km dan selama ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Bentuknya yang sangat besar dan tinggi sebagai ciri khas rumah adat Mamasa. Jarak dari kota Mamasa 2 km.
  4. Rumah Tradisional Kampung Sirenden di Kecamatan Tawalian. Di kampung ini terdapat semua tipe rumah tradisional Mamasa serta berbagai peralatan tradisional Mamasa. Jarak dari kota Mamasa 4 km.
  5. Rumah Adat Sesena Padang di Desa Orobua. Terletak tidak jauh dari kampong Sirenden terdapat salah satu rumah pemangku adat dengan ukuran yang besar dan tinggi (Banua Layuk). Jaraknya 8 km dari kota Mamasa.
  6. Rumah Adat Buntukasisi yang letaknya hanya 1 km dari kota Mamasa juga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik sebab tidak jauh dari rumah ini terdapat pemandian air panas alam yang sudah dikelola dengan baik yakni pemandian air panas Nusantara. Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat.

B. Wisata Alam

  1.  Air Terjun Liawan yang teletak di kecamatan Sumarorong dekat Bandara Perintis Sumarorong. Air terjun ini menjadi tempat wisata favorite di kabupaten Mamasa.
  2. Gunung Mambulilling pilihan favorite bagi pencinta alam dan pendaki gunung. Letaknya 4 km dari kota Mamasa dengan panorama alam yang indah meskipun tingginya hanya 2741 mdpl.
  3. Taman Nasional Gandang Dewata. Untuk para peneliti, mahasiswa dan pencinta alam, tempat menjadi pilihan yang tepat.
  4. Beberapa tempat pemandian air panas yang tersebar di sekitar kota Mamasa bahkan ada yang terletak di kota Mamasa seperti pemandian air panas Nusantara yang menyatu dengan hotel, pemandian air panas Kole di dekat rumah adat Rambusaratu’, pemandian air panas Rantekatoan yang jaraknya 2 km dari kota Mamasa.

Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat.  Demikian beberapa obyek wisata yang dekat dari kota Mamasa. Obyek wisata yang jaraknya agak jauh dari kota Mamasa akan dibahas pada bagian lain. Hal ini dimaksudkan agar anda yang berkunjung ke Mamasa hanya dalam singkat, dapat memanfaatkan waktu untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di sekitar kota Mamasa. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Mamasa tanpa melihat obyek wisatanya. Selamat berwisata.

Artikel Terkait:PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT

One thought on “Obyek Wisata Menarik di Mamasa Sulawesi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *