CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR

CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR

CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR. Budidaya anggrek sangat mengasyikkan karena disamping sebagai hiburan ternyata anggrek memiliki potensi sebagai komoditi bisnis yang menggembirakan. Indonesia sangat beruntung dikaruniai dengan alam yang kaya akan flora dan fauna termasuk ribuan jenis anggrek yang tumbuh bebas di alam Indonesia. Budidaya anggrek sesungguhnya tidak susah karena anggrek merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh pada hamper semua tempat. Untuk tujuan komersial penting untuk memahami dengan baik CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR  agar dapat menghasilkan profit yang tinggi. Manfaat anggrek tidak sekedar sebagai tanaman hias tapi juga untuk berbagai macam manfaat misalnya bahan kosmetik, bahan obat bahkan ada beberapa jenis yang digunakan sebagai penyedap makanan misalnya vanili.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada usaha budidaya anggrek agar dapat tumbuh dengan subur, produktif dan memberi manfaat secara maksimum yakni:

  1. Pemilihan bibit anggrek yang baik. Jika membeli bibit anggrek hendaknya memilih yang remaja yakni umur kira-kira 1 tahun. Jika sudah memiliki ukuran 6-12 cm, dapat langsung ditanam pada media tanam yang telah disiapkan misalnya pot atau media lain yang sesuai. Pilihlah bibit yang sehat dan tidak ada bagian akar yang membusuk.
  2. Pemilihan media tanam yang tepat sesuai dengan jenis anggrek. Ada anggrek golongan epifit yakni anggrek yang tumbuh pada tumbuhan lain namun tidak merugikan tumbuhan  Ada pula anggrek yang tergolong terrestrial yakni anggrek yang tumbuh  di tanah, humus atau benda mati lainnya. Hal ini sangat penting diperhatikan dalam memilih jenis media tanam. Jika memilih pot sebagai wadah maka selanjutnya memilih media tanam yang baik seperti sabut kelapa, arang, pecahan genteng, serabut kayu, lumut, ampas teh  dll. Kombinasi media tanam baik dilakukan namun jangan terlampau banyak media yang dikombinasikan.  Pot sebagai wadah tanam perlu disusun dengan rapih atau digantung untuk memudahkan perawatan tapi jangan menata rak secara bersusun agar tidak saling mencemari  saat penyiraman dan sirkulasi uadara tetap terjaga. Pot yang digunakan juga harus memiliki cukup lubang agar air tidak tergenang dalam pot. Jika penanaman dilakukan dengan melekatkan pada pohon atau wadah lain seperti pakis haji, ikatkanlah dengan baik lalu ditata dengan rapih.
  3. Pemilihan lokasi perlu mempertimbangkan sinar matahari, suhu, kelembaban, ketinggian dan hindari tempat yang terpapar dengan polusi udara seperti debu. Anggrek golongan terrestrial membutuhkan peneduh karena tidak menghendaki matahari langsung yakni maksimum 70% cahaya matahari bahkan phalaenopsis hanya membutuhkan kurang dari 40% sinar matahari. Berbeda dengan anggrek epifit yang membutuhkan sinar matahari 100%. Jangan memilih lokasi yang terlampau lembab; lebih baik daerah yang agak kering kemudian dibantu dengan penyiraman. Temperatur pada umumnya berkisar 15-25 C bahkan yang berdaun lebar cukup sekitar 20 C. Anggrek yang cocok pada ketinggian  >1000 m dari permukaan laut misalnya miltonia dan cymbidiaCatelya dan dendrobium tumbuh baik pada ketinggian 500-1000 m dpl. Arachnis dan vanda tumbuh baik pada ketinggian kurang dari 500 m dpl.
  4. Pemberian pupuk. Pupuk dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan dan mencegah anggrek mengalami kekurangan nutrisi. Pupuk anggrek banyak dijual dalam berbagai bentuk dan jenis. Yang penting adalah membaca aturan penggunaan pupuk agar efektif.
  5. Pencegahan hama dan penyakit. Salah satu hal yang penting  terkait dengan CARA BUDIDAYA ANGGREK DENGAN BENAR adalah pencegahan terhadap hama dan penyakit. Jika telah terserang hama dan penyakit maka perlu menggunakan insektisida, pestisida atau fungisida tetapi yang paling utama adalah menjaga kebersihan lingkungan dan membuang bagian-bagian anggrek yang telah mati dengan cara menggunting. Hindarkan pula dari jangkauan binatang peliharaan seperti ayam, kucing atau anjing. Apabila anda bermaksud memasarkan anggrek maka bagian terakhir adalah memisahkan anggrek yang telah siap dipasarkan dan mengemas anggrek yang siap dikirim. Topik ini akan saya bahas pada bagian yang lain. Selamat mencoba budidaya anggrek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *