PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT

PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT.Apakah anda punya hoby traveling? Bosan dengan sauna kota yang bising dan padat ? Saatnya anda mencari tempat wisata yang nyaman, unik, aman meskipun dengan budget relative murah. Tentu anda sudah familiar dengan Toraja atau bahkan mungkin sudah beberapa kali ke Toraja tapi belum tentu anda mengenal Mamasa. Daerah Mamasa adalah salah satu destinasi wisata yang menarik terletak di provinsi Sulawesi Barat, berjarak 341 km dari Makassar ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan atau sekitar 300 km dari Mamuju ibu kota Provinsi Sulawesi Barat. Mamasa merupakan sebuah kabupaten yang terdiri dari 17 kecamatan, terletak di daerah pegunungan dengan suhu yang sejuk dan memiliki panorama alam yang sangat indah. Secara geografis sebenarnya Mamasa lebih dekat ke daerah Tana Toraja yakni sekitar 120 km namun akses transportasi darat belum maksimal pada sebagian kecil daerah perbatasan.

PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT. Pada tahun 2015, Mamasa ditetapkan sebagai destinasi wisata di propinsi Sulawesi Barat karena berbagai potensi wisata yang unik terutama wisata budaya dan wisata alam. Sepintas, budaya Mamasa mirip dengan budaya Tana Toraja karena memang keduanya memiliki kekerabatan nenek moyang mereka.Misalnya bentuk rumah yang sangat mirip, upacara kematian dan bahasa yang serupa tapi tak sama. Namun ketika disimak lebih saksama ternyata Mamasa memiliki keunikan-keunikan yang tidak terdapoat di daerah lain misalnya ritual-ritual kematian, ritual sukacita, upacara adat dan seni budaya Mamasa yang begitu unik. Keunikan wisata budaya didukung dengan potensi wisata alam yang belum tersentuh dengan modifikasi apalagi modernisasi. Fasilitas pendukung perjalanan wisata di Mamasa memang belum sebaik Tana Toraja; oleh karena itu dibutuhkan PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA agar wisatawan dapat menikmati perjalanan wisata yang mengasyikkan.

Beberapa obyek wisata yang siap menanti anda di daerah Mamasa antara lain:
A. Wisata Budaya
1. Rumah Adat di Desa Rantebuda dan Desa Tondok Bakaru, Rumah Adat di Desa Orobua, Rumah adat di Makuang Kecamatan Messawa, Rumah Tradisonal yang berusia ratusan tahun diberbagai tempat seperti di Desa Osango, Desa Tawalian,Loko, Tatale, Manipi Ulusalu Kecamatan Pana’, Kecamatan Nosu, Desa Balla Peu’ dan di berbagai tempat. Beberapa diantara obyek ini telah tercatat sebagai benda cagar budaya dan desa wisata seperti Desa Ballapeu’ di Kecamatan Balla, Kuburan tua yang unik Tedong-Tedong Kecamatan Balla, Kecamatan Pana’, Nosu, Tabang dll.
2. Wisata peninggalan Belanda dan benda purbakala seperti Gereja Beatriks, Gereja Tawalian, gong bersejarah peninggalan Pongka Padang.
3. Upacara kematian dalam berbagai tingkatan sesuai dengan strata social masyarakat yang ditandai dengan berbagai tahapan upacara dan penyembelihan sejumlah besar kerbau dan babi.
4. Upacara adat baik berupa upacara permohonan kepada sang Pencipta, upacara pengakuan dosa, upacara syukuran, pernikahan dll.
5. Seni budaya berupa tarian, seruling bamboo dan nyanyian serta benda-benda kerajinan khas Mamasa, penganan khas Mamasa.

B. Wisata Alam.
1. Permandian air panas tersebar di berbagai wilayah di Mamasa baik yang sudah dikelola maupun yang masih alami.
2. Permandian air terjun juga tersebar hamper di semua kecamatan seperti Air Terjun Liawan di Sumarorong, Malimbong di Messawa, Sambabo di Bambang, di Tabulahan, Aralle dan Mambi dll.
3. Wisata mendaki gunung dan wisata penelitian seperti Taman Nasional Gandang Dewata, Gunung Mambulilling, Buntu Liarra’.
4. Wisata minat khusus seperti arung jeram yang dapat dilakukan di Sungai mamasa yang membelah kota Mamasa.

PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT. Jalur perjalanan wisata Mamasa dapat dilakukan dari beberapa arah tergantung paket wisata yang diinginkan misalnya dari alternative langsung dari Makassar dengan mobil angkutan umum atau dengan pesawat terbang. Oh iya…kabar baiknya, Mamasa telah memiliki bandara perintis yang terletak di Kecamatan Sumarorong (38 km dari kota Mamasa). Jalur lain dari Toraja dengan perjalanan darat jika memilih paket wisata Toraja –Mamasa. Pilihan ketiga, dari Makassar ke Mamuju terus ke Mamasa dengan pesawat udara jika anda ingin menjelajahi Sulawesi Barat. Fasilitas akomodasi yang ada di Mamasa cukup memadai berupa hotel dan beberapa penginapan dan juga restoran dan rumah makan. Demikian panduan singkat yang dapat anda jadikan panduan untuk berwisata ke daerah Mamasa. Selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *