Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Wadah Tanam Sayuran

Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Wadah Tanam Sayuran. Plastik merupakan benda yang paling banyak dugunakan saat ini. Mulai dari bungkus permen sampai pada pesawat super canggih tidak luput dari penggunaan plastic. Plastik sangat dibutuhkan dalam berbagai hal sehingga dimana-mana kita dapat menemukan plastic. Pernakah anda tidak melihat plastic dalam satu hari? Yang paling mungkin adalah anda tidak pernah berpisah dari plasti setiap hari.

Yang menjadi masalah adalah ketika plastic itu dibuang sebagai limbah. Plastik bertebaran dimana-mana dan menjadi sampah yang mencemari lingkungan. Plastik adalah polimer yang tidak larut dalam air, tidak mengalami pembusukan sehingga sangat zat pencemar tanah. Limbah plastic yang menjadi sampah anorganik ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan antara lain sebagai wadah untuk bercocok tanam sayur.  Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Wadah Tanam Sayuran

Limbah plastic yang berasal dari berbagai penggunaan seperti bekas botol kemasan, bekas kantong plastic dengan bernagai jenis dan berbagai bentuk ternyata dapat menjadi wadah yang sangat baik untuk menanam sayuran karena tidak gampang rusak dan mudah diperoleh. Disamping itu dapat menambah keindahan lingkungan jika ditata dengan baik. Wadah plastic juga mudah ditata dan mudah dibersihkan.

Plastik memiliki struktur kimia sebagai polimer dengan unsur dasar Karbon ( C ) dan Hidrogen (H) dan sering juga terdapat unsur lain seperti Nitrogrn, Oksigen, Belerang dll. Berdasarkan struktur kimianya maka plastic sangat banyak jenisnya dan memiliki sifat kimia dan sifat fisika yang berbeda-beda.  Sebagai polimer yang stabil, plastic sangat susah terurai sehingga dapat bertahan dalam tanah bertahun-tahun. Dari sifat-sifat kimia dan fisika yang cenderung stabil dan lentur maka plasti sangat bnayak dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Wadah Tanam Sayuran.

Struktur kimia plastic secara sederhana dapat digambarkan (-CH2-CH2-CH2-)n dimana n adalah jumlah monomer. Disamping manfaatnya, limbah plastic sangat mengganggu lingkungan sebagai zat pencemar tanah dan air. Bahkan ketika dibakar, plastic juga menjadi zat pencemar udara yang sangat berbahaya. Secara fisik, limbah plastic juga merupakan sampah yang paling sering menghambat saluran air dan sungai yang menyebabkan banjir.

Mengingat dampak negative dari limbah plastic akhirnya banyak orang berpikir untuk memanfaatkan limbah ini untukberbagai kebutuhan. Seperti yang banyak dilakukan oleh penghobi tanaman dan sayuran. Limbah plasti bekas wadah berbagai bahan dimodifikasi menjadi wadah bercocok tanam sayur, kembang atau tanaman obat. Sebagaimana yang dilakukan warga Desa Tondok Bakaru Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Mereka memanfaatkan wadah bekas sabun, minyak, mie instan, oli dan sebagainya menjadi wadah bercocok tanam sayuran.

BACA ARTIKEL TERKAIT:Menjaga Kesehatan Dengan Makanan Suplemen Produksi Synergy World Wide

Melalui usaha kreatif ini, masyarakat Desa sangat merasakan manfaatnya baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual ke pasar. Kegiatan ini cukup berhasil membantu perekonomian masyarakat desa  dan sekaligus menjadi lapangan kerja bagi para ibu di Desa ini. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Wadah Tanam Sayuran.

Cara penggunaan limbah plasti sebagai wadah tanam sayuran, pertama-tama bersihkan plastic dari sisa-sisa isinya sampai benar-benar bersih. Selanjutnya kumpulkan plasti sejenis dengan ukuran dan corak yang sama. Potong bagian yang dipersiapkan untuk media tanam misalnya berbentuk kantong, potong bagian atasnya dengan ukuran yang sama setiap kantong. Jika berbentuk botol, bias saja bagian samping atau bagian atas. Selanjutnya wadah diberi lubang-lubang pembuangan air agar air tidak tergenang

Setelah wadah telah siap, saatnya mengisi wadah dengan media tanam sesuai dengan jenis tanaman. Pada umumnya digunakan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang, arang sekam, kompos atau media lainnya. Setelah semua wadah telah terisi, dibiarkan beberapa hari sebelum ditanami. Cara bercocok tanam dalam wadah plastic akan dibahas tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *