Tips Memilih Makanan Yang Rendah Kolesterol

Tips Memilih Makanan Yang Rendah Kolesterol. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol makin banyak dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Misalnya penyakit stroke, jantung, penyempitan pembuluh darah dan sebagainya. Ini merupakan konsekwensi dari perubahan pola hidup yang berdampak pada perubahan pola makan. Kolesterol sangat dipengaruhi oleh jenis dan kualitas makanan yang kita konsumsi setiap hari. Karena kesibukan, meningkatnya ekonomi, beragam jenis makanan menyebabkan secara perlahan masyarakat meninggalkan makanan alami.

Ciri-ciri Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kolesterol sebenarnya bermanfaat dalam tubuh misalnya untuk pembentukan sel-sel baru, membantu pembentukan vitamin, hormone dan asam empedu yang berfungsi mencerna lemak. Kolesterol berada dalam darah dibawa oleh protein dan dialirakan ke beberapa organ tubuh. Kombinasi antara protein dan kolesterol dikenal dengan nama lipoprotein. Lipo protein ada 2 macam yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). Apabila kadar LDL melampaui batas normal maka akan menyebabkan berbagai penyakit sehingga LDL disebut kolesterol jahat. Sedangkan HDL tidak menimbulkan penyakit sehingga disebut kolesterol baik. Tips Memilih Makanan Yang Rendah Kolesterol.

LDL sebanarnya berfungsi mengangkut kolesterol dari hati menuju sel-sel yang membutuhkan. Namun jika kadarnya melampaui kebutuhan maka LDL akan mengendap dan menempel pada dinding arteri dan menyebabkan berbagai penyakit. LDL yang tinggi sangat riskan sebab dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya terutama bagi yang memiliki riwayat hypertensi sebaiknya mewaspadai meningkatnya kadar LDL.

Kadar kolesterol sangat mudah diketahui melalui pemeriksaan darah sehingga sangat penting untuk selalu memeriksa kadar kolesterol. Secara umum kadar kolesterol dikatakan baik jika kurang dari 200 mg/dl. Kategori tinggi jika berada antara 200-239 mg/dl, sedangkan sangat tinggi jika lebih dari 240 mg/dl. Karena kadar kolesterol sangat tergantung pada jenis makanan dan minuman maka cara terbaik untuk mencegah naiknya kadar kolesterol adalah selektif terhadap makanan.

Tips Memilih Makanan Yang Rendah Kolesterol.  Berbagai penelitian terhadap jenis makanan memberikan hasil yang berbeda namun secara umum memberikan pola yang menggambarkan kadar kolesterol dalam setiap makanan. Perbedaan kadar kolesterol dalam satu jenis makanan dapat dipahami karena hewan juga mengkonsumsi pakan yang berbeda-beda. Misalnya sapi yang diberi makan rumput akan berbeda jika diberi pakan buatan pabrik. Meski demikian hasil penelitian memberikan pola yang serupa dan dapat menjadi rujukan untuk memilih makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol.

Untuk memudahkan kita dalam memilih jenis makanan, digunakan klasifikasi berdasarkan kadar kolesterol setiap jenis makanan.

Beberapa contoh makanan dengan kadar kolesterol sangat tinggi dan patut dihindari oleh orang yang beresiko kolesterol. Angka ini menunjukkan mg dalam 100 gram bahan makanan misalnya otak sapi 3100, kuning telur 1085, jeroan kambing 610, jeroan sapi 380, telur ikan 588,  jeroan kerbau 360, jeroan ayam 340, jeroan kelinci 320, mentega 256, kerang tiram 206, udang 125, lemak sapi.

Makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan sedang misalnya daging sapi tanpa lemak 105, iga sapi 100, daging asap 98, susu kental 76, daging babi 70, es krim

Makanan tanpa kolesterol misalnya putih telur, teripang, susu sapi tanpa lemak.

Kita tidak mungkin menghindari makanan yang mengandung kolesterol sebab memang kolesterol juga dibutuhkan dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu cara yang paling aman adalah mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi setiap hari dalam jumlah terbatas dengan menggunakan ukuran orang dewasa misalnya daging ayam tanpa kulit 100 gr, daging sapi tanpa lemak, daging kelinci tanpa lemak, ikan laut.

Selain mengatur jenis makanan, factor lain juga perlu diperhatikan seperti olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, konsumsi buah, sayuran dan makanan berserat lainnya suplemen makanan alami secara proporsional. Baca artikel terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *