Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar

Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar. Datangnya masa tua menjadi “momok” bagi sebagian besar wanita. Betapa tidak, kulit wajah yang kencang, bersih dan cerah perlahan-lahan mengalami perubahan. Mulai nampak garis-garis halus, kendor dan kusam sejalan dengan bertambahnya usia. Bertambahnya usia tentu tidak bias dilawan karena memang kodrat sebagai mahluk hidup harus mengalami masa tua dengan segala konsekwensinya. Meski tak dapat dilawan tapi paling tidak kita dapat dapat mengendalikan proses penuaan agar gejala yang menyertainya  berjalan secara lambat.

Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar.  Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh wanita bahkan juga pria yang sangat diperhatikan  sebab dari wajah seseorang dapat dikategorikan muda atau tua, wajah juga mencerminkan kepeduliaan seseorang terhadap kesehatan kulitnya. Ibarat bunga, wajah adalah mahkota bunga yang dapat disaksikan keindahannya. Demi mempertahankan kondisi wajah agar tetap cantik, kencang dan bersih maka orang berusaha sedemikian rupa untuk menciptakan suplemen antiaging atau suplemen yang dapat melawan penuaan dini.

Secara alami, kondisi kulit akan mengalami perubahan menjadi kendor, berkerut, kusam dan timbul flek hitam. Hal ini sejalan dengan menurunnya produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah zat yang dihasilkan secara alami dalam tubuh yang berfungsi antara lain mempertahankan kondisi kulit. Dengan menurunnya produksi kolagen maka dibutuhkan sulai kolagen dari luar dalam bentuk suplemen. Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar.

Mengapa terjadi penuaan dini? Penuaan dini artinya proses penuaan yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Terjadinya penuaan dini dapat dijelaskan dari teori radikal bebas menurut Deby Vinski  selaku Presiden WOCPM (World Council Of Preventive Medicine) di Paris dalam bukunya Perfect Beauty Anti-Aging. Teori radikal bebas ini dikemukakan oleh dr.Denham Harman dari University of Nebraska. Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar.

 

Meskipun teori ini mungkin sedikit sulit dipahami sebagian orang tapi akan bermanfaat bagi yang memahaminya. Radikal bebas adalah senyawa yang kehilangan satu electron dari pasangan electron bebasnya (lone pair electron). Radikal bebas ini terjadi dalam tubuh karena bebagai penyebab antara lain dari makanan yang tidak sehat. Sifat radikal bebas adalah sangat aktif menyerang molekul lain untuk mengambil satu electron agar stabil.

Radikal bebas ini umumnya mengambil electron dari eksternal tubuh yakni molekul-molekul yang masuk kedalam tubuh misalnya zat-zat beracun, asap rokok, polutan. Akibatnya terjadi radikal bebas baru yang menyerang sel tubuh dan merusak inti sel. Inilah yang menyebabkan kerusakan kulit dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker. Proses penuaan kulit berlangsung lebih cepat dari yang semestinya akibat dari serangan radikal bebas.

Terkait dengan penuaan dini, banyak wanita mengatasinya dengan cara yang keliru yakni dengan menggunakan cosmetic yang sifatnya hanya dekoratif atau sekedar menutupi kerutan wajah, menyamarkan flek-flek hitam dan kelihatan cerah. Tentu dengan pemakaian yang cukup tebal untuk mengimbangi kerutan wajah. Pernakah anda menyaksikan seorang ibu yang menggunakan bedak tebal, berdandan yang menor agar terlihat lebih muda ? Atau mungkin juga anda pernah melakukannya.  Tanpa disadari sebanarnya cara ini memperparah kondisi kulit wajah apalagi jika digunakan berjam-jam. Ingat, banyak kosmetik yang tidak mempertimbangkan aspek kesehatan yang penting terlihat cantik. Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar.

Merias wajah tentu merupakan salah satu kebutuhan terlebih para wanita agar tetap tampil cantik, menarik dan percaya diri. Tapi alangkah baiknya jika diseimbangkan dengan perawatan dari dalam tubuh yakni dengan tetap mempertahankan kondisi fisik kulit agar proses penuaan berjalan secara alami tanpa mengalami penuaan dini.

Tips Memilih Suplemen Antiaging Dengan Benar.  Untuk mengatasi penuaan dini kita dapat menggunakan suplemen antiaging yakni suplemen yang dapat melawan terjadinya penuaan dini. Namun hal paling penting dilakukan adalah memilih suplemen antiaging yang tepat. Antiaging yang tepat artinya antiaging yang mengandung cukup nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan penuaan dini dan tidak menimbulkan efek samping terhadap tubuh.

Anda mungkin sudah mengetahui banyak jenis dan merek suplemen antiaging yang beredar di pasaran. Namun sbelum memutuskan untuk membelinya, alangkah baiknya terlebih dahulu memperhatikan hal-hal yang mungkin saja akan menimbulkan kerugian pada diri anda. Masih beruntung jika suplemen itu tidak ada khasiatnya, namun yang celaka jika menimbulkan efek samping. Jangan tergiur dengan harga murah atau testimony karena yang terpenting adalah mengetahui dengan benar kandungan suplemen antiaging.

Kandungan nutrisi yang harus terkandung dalam suplemen antiaging yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Retinol atau ratinoid adalah zat yang dapat merangsang produksi kolagen dan elastin dan mempercepat pergerakan sel. Dampaknya adalah mengatasi kerutan pada kulit, mengatasi spot dan mempertahankan kekencangan kulit.
  2. Beta karoten yang berfungsi mengaktifkan gen anti penuaan dini akibat dari serangan radikal bebas.
  3. Vitamin E memperbaiki system kardiovaskuler , melindungi kulit dari efek sinar matahari sehingga kulit terhindar dari kerusakan.
  4. Acetyl L-Carnitine Complex yang juga sebenarnya diproduksi dalam tubuh namun mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Zat ini berfungsi mengencangkan kulit, otot dan mencegah selulit.
  5. Omega 3 yang membantu mencegah inflamasi, membantu pembentukan massa otot dan sebagai lemak sehat untuk menjaga kesehatan kulit, menekan tingginya kadar kolesterol jahat.
  6. Vitamin C dapat menetralisir radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.
  7. Zink Glukonat yang dapat membantu kondisi kulit tetap kencang dan sehat
  8. Lycopene termasuk salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek paparan sinar ultraviolet.
  9. Asam alfa lipolic yang juga dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh dan menghambat terjadinya kerutan dan garis-garis penuaan kulit.
  10. Untuk menambah kadar kolagen dibutuhkan juga suplemen kolagen.


Disamping mengandung zat-zat tersebut diatas, suplemen antiaging juga harus aman dan tidak mengandung zat-zat tambahan seperti pengawet dan pewarna. Hal ini sangat penting diperhatikan karena tidak sedikt wanita yang menjadi korban promosi suplemen antiaging yang ternyata berujung pada kerusakan yang lebih parah bahkan menimbulkan penyakit berbahaya. Memilih suplemen antiaging dibutuhkan kecermatan antara lain informasi perusahaan produsennya, keterangan kompisisi bahan kandungan, aturan pakai apakah dimakan atau diaplikasikan di wajah, masa kadaluarsa dan berbagai informasi lain.

Mengatasi penuaan dini tidak cukup dengan mengandalkan suplemen antiaging tetapi hal yang paling utama adalah menganut pola hidup sehat terutama semua hal terkait dengan makanan, olah raga, menjaga lingkungan yang sehat, mengelola stress dan menjaga hubungan baik dengan Tuhan dan sesama. Makanan yang tidak sehat sangat banyak berkontribusi pada terjadinya penyakit termasuk penuaan dini akibat terjadinya radikal bebas. Semakin sulit rasanya kita menemukan buah-buahan, sayuran dan ikan yang bebas dari insektisida, pestisida dan zat pengawet. Oleh sebab itu mari kita menjaga kesehatan secara menyeluruh dengan perlahan-lahan kembali kea lam (back to nature).

ARTIKEL TERKAIT: Manfaat Zat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *