Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa

Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa. Melakukan perjalanan wisata tentu merupakan dambaan setiap orang apalagi kalau wisata ke Eropa. Namanya wisata, tentu anda menginginkan suasana yang menyenangkan, mudah, aman dan murah. Meskipun istilah murah tentu relative tergantung kemampuan anda. Sebelum melakukan perjalanan wisata apalagi ke Eropa tentu ada telah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya terutama masalah budget. Selanjutnya merencanakan negara tujuan, persyaratan administrasi seperti passport dan visa, rencana akomodasi, transportasi dan sebagainya.

Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa. Berikut ini kita akan bahas beberpa tips mempersiapkan perjalanan wisata ke Eropa agar anda dapat mempersiapkan diri untuk menikmati berbagai keindahan  di benua Eropa. Bagi yang sering ke Eropa meungkin tidak terlalu penting persiapan secara detail tapi baiklah kita asumsikan anda belum pernah ke Eropa.

 

  1. Tentukan Negara tujuan anda. Pelajari kelebihan dan kekurangan tiap Negara di Eropa sebelum menetapkan Negara tujuan. Visa ke Eropa memungkinkan kita dapat mengunjungi banyak Negara dengan satu visa (Visa Schengen) namun dengan alas an efisisensi biaya dan tenaga sebaiknya Negara tujuan dibatasi pada Negara-negara yang berdekatan misalnya Nedherlands-Perancis – Italy. Penentuan Negara sangat penting karena akan menjadi acuan anda dalam menghitung biaya perjalanan, lama perjalanan dan anda dapat mengunjungi obyek satu wisata secara maksimum.Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa.
  2. Estimasi biaya perjalanan meliputi tiket pesawat pergi-pulang, akomodasi, transportasi local di Negara tujuan, biaya makan, belanja, serta biaya tak terduga. Sebagai gambaran tiket pesawat sekitar 12-13 juta rupiah PP perorang . Untuk akomodasi  yang paling murah adalah Couch surfing (menumpang). Kemudian Air BnB (sewa kamar di rumah atau apartemen). Ada pula Hostel (Share room, dalam satu kamar bias banyak orang), dan ada Hotel dengan tariff yang bervariasi. Biaya makan penting diperhitungkan dengan baik karena makanan di Eropa tergolong mahal namun kita dapat menemukan restaurant yang menyajikan makanan Indonesia. Satu hal yang penting, jangan gampang tergoda untuk mencoba makanan asing yang belum tentu gampang beradaptasi dengan tubuh kita. Belanja di Eropa sebaiknya tetap mempertimbangkan budget dan kemudahan untuk membawa barang itu antar Negara. Hindari belanja barang elektronik agar tidak merepotkan anda. Barang-barang cinderamata sangat banyak tersedia dengan harga terjangkau.  Transportasi local banyak tersedia dengan akses yang mudah. Untuk jarak agak jauh jauh umumnya menggunakan Metro, jarak agak dekat menggunakan Bus dan jarak dekat menggunakan Trem.
  3. Menentukan waktu yang tepat. Sebagai orang yang hidup di daerah tropis, kita harus mempertimbangkan musim di Eropa jika tidak mau “menderita” kedinginan. Belum lagi pakaian musim dingin yang mahal dan merepotkan membawanya kemana-mana. Pada musim dingin, kebanyakan warga di Eropa hanya tinggal dalam rumah dan melakukan belanja online. Waktu terbaik adalah ketika cuaca hangat yakni Spring (bulan Maret – April) dan Fall (September-Oktober).
  4. Pilih obyek wisata yang akan dikunjungi di setiap Negara dengan menggunakan panduan wisata. Pilih obyek yang benar-benar kerkesan dan tidak ditemukan di Indonesia. Kalau hanya memilih wisata pantai mungkin ke Ancol saja di Jakarta ya…? Tetap memperhitungkan biaya, waktu dankemudahan akses obyek wisata.
  5. Persiapkan barang bawaan secukupnya agar tidak merepotkan apalagi kalau ditambah barang belanjaan setelah kembali, ada kemungkinan over bagasi. Jika tidak akan menghadiri acara resmi di Eropa, tidak perlu membawa pakaian resmi dan perhiasan dalam jumlah banyak. Yang perlu diingat adalah obat-obatan pribadi yang sering digunakan di Indonesia. Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa.
  6. Mempersiapkan kelengkapan administrasi meliputi passport dan visa. Inilah hal yang paling penting sebab mustahil anda bisa masuk Negara Eropa tanpa administrasi yang lengkap. Sebaiknya kelengkapan administrasi disiapkan jauh sebelum waktu keberangkatan seperti Visa Schengen agar dilakukan 3 bulan sebelum berangkat dan pelajari dengan baik bagaimana mengurus visa Schengen. Demikian pula tiket sebaiknya dipesan sebelum musim wisata ke Eropa agar mendapatkan harga yang lebih murah.
  7. Ketika anda sudah tiba di Eropa dan pertama kali ke Eropa pasti banyak hal-hal yang anda belum pahami apalagi jika pengetahuan bahasa Inggrisnya kurang memadai seperti saya. Untuk mengatasi hal ini, biasakan selalu bertanya kepada petugas. Jangan melakukan tindakan jika anda kurang memahaminya terutama jika memilih kendaraan menuju ke suatu tempat. Hal yang tentu tidak diinginkan jika anda mengalami masalah serius, segeralah menghubungi Kedutaan Besar Indonesia di Negara itu.

BACA ARTIKEL TERKAIT: PANDUAN PERJALANAN WISATA KE MAMASA SULAWESI BARAT

Demikianlah beberapa Tips mempersiapkan perjalanan wisata ke Eropa semoga bermanfaat bagi anda yang akan melakukan perjalanan wisata ke Eropa. Selamat menikmati perjalanan anda.Tips Mempersiapkan Perjalanan Wisata Ke Eropa. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *