Tips Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami

Tips Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami. Jerawat memang bukan penyakit berat, tetapi kadang sangat mengganggu bahkan dapat menyebabkan stress. Mengapa, karena jerawat selalu menyerang wajah. Setiap orang menginginkan wajah yang halus, bersih tanpa jerawat dan noda. Tapi apa daya ketika jerawat datang tanpa diundang dan merusak wajah anda. Jerawat paling sering menyerang para remaja dimasa awal pubertas tapi juga sering terjadi pada orang dewasa misalnya wanita saat menstruasi atau masa kehamilan. Bermacam cara dilakukan orang untuk mengatasi masalah jerawat.

Tips Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami.  Sebelum membahas cara mengatasi jerawat, sebaiknya kita pahami dulu apa penyebab jerawat. Kemudian bagaimana mencegahnya dan jika sudah terjadi bagaimana cara mengatasinya. Dibawah permukaan kulit terdapat kelenjar minyak yang tentu tugasnya memproduksi minyak atau sebum. Bukan minyak bumi ya…Kelenjar ini dihubungkan oleh saluran (folikel) dengan pori-pori kulit. Minyak berfungsi mengangkut sel-sel mati ke pori-pori. Jika kelenjar ini mengalami gangguan maka terjadi jaringan lemak yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan.

Apa penyebab timbulnya jerawat? Ada banyak factor pemicu jerawat dan sebagian akan saya bahas dalam uraian ini.

  1. Masa pubertas. Remaja yang baru memasuki masa puberakan mengalami peningkatan produksi hormone testosterone. Produksi hormone ini diikuti juga dengan meningkatnya produksi minyak (sebum).
  2. Makanan yang tidak sehat terutama makanan berlemak, berminyak atau memiliki rasa yang tajam misalnya terlampau pedas, makanan siap saji, makanan dengan zat aditif.
  3. Stres dapat menyebabkan perubahan hormone yang memicu timbulnya jerawat.
  4. Make Up yang berlebihan, terlalu tebal atau tidak cocok dengan kondisi kulit atau karena mengandung zat pemicu jerawat.
  5. Perubahan hormone misalnya masa puber dan masa kehamilan pada wanita.
  6. Lingkungan yang kotor misalnya terpapar udara tercemar
  7. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan timbulnya jerawat
  8. Rambut yang kotor sering menyebabkan timbulnya jerawat
  9. Terlalu sering memegang wajah dengan tangan yang tidak bersih
  10. Terlalu sering mencuci wajah menyebabkan minyak pada wajah berkurang dan kelenjar minyak terus memproduksi minyak (sebum). Mencuci wajah sebaiknya hanya 2 kali sehari.
  11. Alat-alat yang sering bersentuhan dengan wajah dalam keadaan kotor terutama handphone. Handphone merupakan sarang bakteri yang dapat memicu jerawat.
  12. Terpapar sinar matahari terlalu lama.

Tips Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami.  Jika kita sudah memahami penyebab jerawat maka untuk mencegahnya tentu tidak susah. Kecuali yang memang terjadi secara alami seperti pubertas maka yang diperlukan adalah perlakuan yang tepat agar tidak semakin parah. Secara umum, pencegahan jerawat yakni dengan menjaga pola hidup sehat. Secara rinci ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Bersikaplah senantiasa rileks untuk menghindari stress
  • Konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang dan hindari makanan pemicu jerawat
  • Gunakan kosmetik secara benar dan jangan berlebihan
  • Usahakan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari
  • Berolahragalah secara teratur
  • Hindari paparan sinar matahari terlalu lama
  • Gunakan pelembab wajah
  • Sering menggunakan masker dari bahan-bahan alami
  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Jangan memencet jerawat terutama dengan tangan yang tidak bersih karena dapat memperparah jerawat bahkan dapat menimbulkan infeksi.

Meskipun telah melakukan pencegahan namun tidak menjamin anda benar-benar bebas dari jerawat. Apalagi jika memang tidak melakukan pencegahan. Apabila anda atau keluarga anda mengalami masalah jerawat dan mengutamakan pengobatan secara alami, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu. Biasanya yang membandel adalah jerawat batu yang bentuknya lebih besar, letaknya dalam dan sakit. Jerawat kecil-kecil meskipun jumlahnya banyak tapi lebih mudah disembuhkan. Beberapa cara alami mengatasi jerawat sebagai berikut. Tips Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami.

  1. Irisan jeruk nipis. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih kemudian oleskan jeruk nipis yang sudah diiris-iris. Biarkan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan 1-2 kali sehari.
  2. Bersihkan wajah denagn air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih lalu tempelkan irisan mentimun pada wajah yang berjerawat. Biarkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari.
  3. Gunakan masker alami dengan beberapa pilihan berikut. Tetap diawali dengan membersihkan wajah kemudian aplikasikan masker yang anda pilih.
  • Parutan bengkoang digunakan selama 30 menit lalu bilas.
  • Campuran buah tomat yang dibuang bijinya lalu dilumatkan dan dicampur dengan minyak zaitun asli, gunakan sebagai masker selama 15 menit lalu bilas.
  • Campuran tomat dan buah alpukat. Tomat dibuang bijinya lalu lumatkan bersama alpukat dan aplikasikan sebagai masker selama 15 menit lalu bilas.
  • Kopi bubuk. Campurkan kopi bubuk dengan air secukupnya sampai membentuk adonan masker dan aplikasikan selama 30 menit lalu bilas.
  • Wortel diparut halus dan gunakan sebagai masker selama 15 menit lalu dibilas.
  • Apel segar diparut halus digunakan 2 tahap. Tahap pertama biarkan selama 10 menit lalu bilas kemudian gunakan lagi dan biarkan 15 menit lalu bilas.
  • Yogurth tawar dan berwarna putih dioleskan ke wajah biarkan selama 15 menit lalu bilas. Lakuakn 2 kali sehari.
  • Pasta gigi dapat juga menjadi pilihan dan ternyata dengan cepat mengeringkan jerawat. Bersihkan jerawat dengan air hangat lalu olesi dengan pasta gigi pada bagian yang berjerawat saja. Lakukan pada malam hari dan esok pagi jerawat sudah mengering.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah jerawat secara alami dan jika jerawat anda cukup parah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Sangat bijaksana sebelum meng gunakan obat jerawat kimiawi terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Baca artikel terkait :7 Alasan Memilih Trulum Skin Care untuk Perawatan Kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *